Pemberlakuan Gapeka 2021, Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta Mengalami Perubahan Jadwal

AKM • Tuesday, 9 Feb 2021 - 18:16 WIB

Jakarta - Mulai tanggal 10 Februari 2021, PT Railink akan memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021. Kebijakan ini akan mempegaruhi perubahan jadwal keberangkatan KAI Bandara.

Pemberlakuan Gapeka 2021 ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KP 1385 Tahun 2020 tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021 dan KP 1362 Tahun 2020 tentang Penetapan Lintas Pelayanan Perkeretaapian pada Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021. 

“Dengan pemberlakuan GAPEKA 2021 ini, maka ada perubahan pada waktu keberangkatan KAI Bandara Soekarno-Hatta menjadi lebih awal yaitu pukul 05:37 wib dari Stasiun Manggarai dan  perjalanan berakhir pada pukul 18:49 wib dari Stasiun Bandara Soekarno-hatta, sedangkan untuk jumlah perjalanan masih tetap sama yaitu 40 perjalanan pergi-pulang,” ungkap Mukti Jauhari selaku Plt. Direktur Utama PT Railink.

Mukti menambahkan bahwa untuk persyaratan menggunakan Kereta Api Bandara tidak perlu menggunakan surat rapid test, tetapi kami tetap menghimbau kepada pelanggan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan wajib menggunakan masker saat berada di area stasiun maupun didalam perjalanan Kereta Api Bandara, menjaga jarak minimal 1 (satu) meter atau mengikuti tanda/marka yang tersedia dengan penumpang lainnya atau petugas, melakukan pengecekan suhu, rutin cuci tangan, buang sampah pada tempatnya dan hindari menyentuh wajah. 

Selain itu, untuk mengurangi kontak fisik, antrian dan waktu tunggu di masa pandemi seperti ini, kami juga menyediakan alternatif bagi pelanggan untuk membeli tiket KAI Bandara secara online melalui aplikasi, website atau mitra Railink. Saat ini kami juga menyediakan sistem “Tap and Go” dengan hanya perlu Tap menggunakan kartu uang elektronik Bank (BNI, BCA, BRI dan Bank DKI) serta KMT (Kartu Multi Trip). Diharapkan hal ini dapat memberi kemudahan serta kenyamanan bagi pelanggan KA Bandara Railink.