Bupati Sleman Serahkan Bansos untuk Warga Kurang Mampu

MUS • Monday, 26 Jul 2021 - 16:42 WIB

Sleman - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial bagi keluarga kurang mampu di wilayah Kabupaten Sleman, Senin (26/7). Penyerahan secara simbolis oleh Bupati Sleman dilakukan di dua lokasi yaitu Kalurahan Bangunkerto dan Girikerto Kapanewon Turi.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sleman Eko Suhargono dalam laporannya menjelaskan terdapat dua kategori bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sleman yaitu Bantuan Sosial Pangan (BSP) dan Bantuan Sosial Tunai (BST). 

Lebih lanjut, Eko menuturkan BSP dan BST yang diserahkan merupakan bantuan tambahan untuk periode Bulan Mei dan Juni 2021 setelah sebelumnya terkendala dikarenakan adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

“Kita menyerahkan secara bersama baik BSP maupun BST untuk bulan Mei dan Juni secara bersamaan. Untuk BSP penyerahan melalui Bank Mandiri yaitu dalam bentuk Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Sementara BLT melalui Kantor Pos,” jelasnya. 

Adapun keluarga penerima manfaat dalam penyerahan bantuan sosial tersebut untuk seluruh wilayah Sleman yaitu sebanyak 17.204 penerima BSP dengan nominal yang diterima sebesar Rp.200.000,00 per-bulan dan 39.426 penerima BLT dengan nominal Rp.300.000,00 per-bulannya.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam kesempatan ini menghimbau kepada keluarga penerima manfaat, bantuan sosial tersebut untuk dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. 

Kustini menilai adanya pandemi Covid-19 saat ini, berdampak terhadap ekonomi masyarakat. Menurutnya bantuan sosial yang disiapkan oleh Pemerintah merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakat terutama dalam masa pandemi Covid-19. (Ron)