Reaksi Menteri Agama saat Ditanya Polemik Pernyataan Sukmawati

Rakhmatulloh • Tuesday, 19 Nov 2019 - 13:30 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi saat berbicara dalam acara pengukuhan profesor riset di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (19/11/2019). Foto/SINDOnews/Rakhmatulloh

JAKARTA - Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi enggan berkomentar mengenai pernyataan Sukmawati Soekarnoputri yang diduga membandingkan antara Nabi Muhammad dengan Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Fachrul mengaku belum mendengar secara langsung pernyataan dari putri Proklamator itu. "Saya belum denger langsung ya, jadi saya tidak mau (berkomentar-red), takut salah ya," ujar Fachrul di Kantor Kemenag, Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Mantan Wakil Panglima TNI itu enggan berbicara lebih lanjut mengenai polemik tersebut. Ia khawatir, apa yang disampaikan akan salah dan menyinggung pihak lain.

"Saya belum baca (pernyataan Sukmawati-red)," kata purnawirawan Angkatan Darat itu.

Sukmawati telah dilaporkan oleh dua orang yang berbeda ke Polda Metro Jaya. Putri Bung Karno yang dikenal sebagai budayawan itu dituding melakukan penodaan agama karena diduga membanding-bandingkan antara Nabi Muhammad dan Soekarno.