Bank DKI Diduga Dibobol Oknum Satpol PP Rp32 M, PDIP Minta Jajaran Direksi Dievaluasi

Wildan Catra Mulia • Tuesday, 19 Nov 2019 - 16:37 WIB
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta. (Foto: Sindo)

JAKARTA - Sebanyak 12 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dinonaktifkan karena diduga terlibat pembobolan Bank DKI yang mencapai Rp32 miliar. Sebanyak dua dari 12 oknum tersebut telah mengembalikan uang ke Bank DKI.

Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono meminta jajaran direksi Bank DKI dievaluasi. Dia menduga ada sistem yang payah sehingga aksi pembobolan bisa terjadi.

"Sistemnya enggak beres (itu). Harus dievaluasi menyeluruh itu," kata Gembong saat dihubungi, Selasa (19/11/2019).

Gembong juga meminta Komisi D DPRD DKI bidang perekonomian segera memanggil direksi Bank DKI. Pemanggilan tersebut untuk meminta penjelasan dan pertanggungjawaban.

"Ya, Fraksi PDIP meminta kepada teman-teman di Komisi B untuk memanggil dirut Bank DKI untuk minta pertanggungjawabannya. Sampai aset Pemprov bisa diambil oleh karyawan DKI itu sendiri luar biasa itu," tuturnya.

Kasus ini bermula ketika ada seorang oknum anggota Satpol PP DKI diperiksa Polda Metro atas dugaan pembobolan Bank DKI. Dalam perkembangannya, kasus ini tidak dilakukan sendiri, namun melibatkan lebih dari satu orang. Nilai uang hasil pembobolan itu berkisar Rp32 miliar.

Kepala Satpol PP DKI Arifin menepis tindakan oknum anggotanya merupakan pencucian uang atau penggelapan seperti kasus-kasus lain yang terjadi. Menurut dia, apa yang dilakukan oknum petugas Satpol PP berawal dari pengambilan uang di ATM yang saldonya tidak berkurang, meski telah diambil berulang kali.

Peristiwa ini telah terjadi sejak Mei hingga Agustus. Awalnya ada anggota yang salah memasukkan PIN saat menarik uang tunai dari ATM. Setelah PIN benar, ada uang keluar tetapi saldo tidak berkurang. Beberapa waktu mengambil uang lagi dan saldo tidak berkurang lagi. Demikian seterusnya.

"Menurut pengakuan mereka sudah lama (ambil uang). Bukan dalam sekali ambil sebesar itu, tidak. Kenapa pihak yang sana juga baru hebohnya sekarang. Itu juga jadi pertanyaan saya, sistem mereka (Bank DKI) seperti apa?" katanya.