BAZNAS Raih Penghargaan Anugerah Syariah Republika 2019

• Tuesday, 19 Nov 2019 - 22:31 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menerima Penghargaan Anugerah Syariah Republika 2019 dari harian Republika, di Jakarta,  Selasa (19/11) malam. Penghargaan diberikan langsung oleh Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaedi  kepada Ketua BAZNAS, Prof Dr Bambang Sudibyo, MBA CA.

Penghargaan ini diberikan kepada institusi dan industri keuangan syariah dari perbankan, keuangan non perbankan, asuransi, financial technology, multifinance, lembaga filantropi, tujuan wisata halal tervaforit, hingga tokoh ekonomi syariah.

BAZNAS memenangkan Penghargaan Anugerah Syariah Republika 2019 untuk Kategori "Organisasi Pengelola Zakat dengan Pelayanan Terbaik" berkat program-program pemberdayaan masyarakat berbasis dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang mampu dikelola dengan baik dan dapat dirasakan langsung dampaknya oleh penerima manfaat.

Dewan juri menilai program-program unggulan BAZNAS seperti Zakat Community Development (ZCD), BAZNAS Microfinance Desa, Rumah Sehat BAZNAS, dan Pemberdayaan Ekonomi Mustahik, masuk dalam kriteria penilaian yang telah ditentukan sebelumnya.

Ketua BAZNAS Profesor Dr. Bambang Sudibyo, MBA CA  mengaku sangat bersyukur atas pencapaian dari lembaga yang dipimpinnya.

“Alhamdulillah BAZNAS menerima Award dari Republika atas kinerjanya dalam bidang pengelolaan zakat dan pelayanan terbaik. Penghargaan ini akan menambah semangat BAZNAS untuk selalu meningkatkan layanan terbaik kepada umat," katanya.

Bambang Sudibyo menambahkan, BAZNAS berterimakasih atas penghargaan yang diberikan. Penghargaan ini merupakan wujud dari makin dipercayanya BAZNAS oleh masyarakat dalam membantu mereka yang mengalami kesulitan dengan menggunakan dana ZIS.

“Penghargaan ini akan memacu kinerja BAZNAS, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/ Kota dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) untuk makin meningkatkan program-program pemberdayaan dalam upaya emberantasan kemiskinan melalui dana ZIS,” jelasnya.

Selain itu dengan penghargaan yang diterima oleh BAZNAS,  dapat meningkatkan kepercayaan publik sehingga dapat lebih meningkatkan gerakan zakat di Indonesia dan menjadi contoh bagi program pemberdayaan pada gerakan filantropi yang lebih luas.

Penghargaan dari Republika ini melengkapi deretan penghargaan BAZNAS yang telah ditorehkan  sebelumnya pada bulan ini, yakni  Indonesia Scholarship 2019, Padmamitra Awards 2019 yang diraih pada awal bulan November lalu.

Penghargaan Anugerah Syariah Republika 2019 merupakan sebuah acara penghargaan dari Republika yang diselenggarakan tiap tahunnya, untuk mengapresiasi kinerja industri syariah. Kriteria penilaian penghargaan ini berbasiskan data kuantitatif berupa catatan kinerja tahun 2018. Selain kuantitatif, penilaian juga berdasarkan  indikator kualitatif seperti pelayanan dan pandangan publik/konsumen.  Selain itu penilaian juga didasarkan terobosan inovasi yang dilakukan, dan terakhir unsur edukasi dan sosialisasi. (ANP)