Universitas Trisakti Luncurkan Program Pembelajaran Jarak Jauh

Fazri Rizkiya • Wednesday, 20 Nov 2019 - 19:55 WIB

JAKARTA - Universitas Trisakti Kampus B Kampus Fakultas Kedoktertan di Jalan Kyai Tapa Jakarta, hari ini meluncurkan Teater Mini dan penggunaan Anatomage untuk pembelajaran jarak jauh bagi mahasiswa program profesi dokter dan menggundang Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III untuk menyaksikan peresmian ini. Sebanyak 31 undangan dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Jakarta, yang memiliki Fakultas Kedokteran hadir dalam rangkaian acara seremonial ini. 

“Pembelajaran Jarak Jauh bagi Mahasiswa Program Profesi Dokter, yang sedang berada di Lapangan, dapat menggunakan Teater Mini ini untuk melakukan telekonferensi/seminar daring serta bisa langgsung dibimbing oleh dosen anatomi menggunakan alat Anatomage yang sudah di design sedemikian rupa sehingga bisa menyerupai cadaver, bahkakan alat ini bisa membantu membedah dari segala sisi.” Ujar Dr. dr. Raditya Wratsangka, SpOG (K). selaku Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti pada saat sambutan untuk membuka acara tersebut.


Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat pada era Revolusi Industri 4.0, FK USAKTI berkomitmen untuk meningkatkan mutu pembelajaran sehingga dapat mencetak lulusan yang unggul dan professional. Salah satu komponen yang diperlukan untuk menunjang maksud tersebut adalah sarana pembelajaran yang mutakhir. Dasar ilmu pada dunia kedokteran adalah anatomi. perkembangan teknologi terkait proses pembelajaran anatomi saat ini berkembang sangat pesat, sangat jauh berbeda dengan pembelajaran konvensional. 


“Anatomage” merupakan salah satu meja anatomi “virtual” yang sangat memudahkan proses pembelajaran, karna kita data melihat tubuh manusia lapis demi lapis, dari sel hingga jaringan, dan juga dapat menampilkan gambaran radiologi. 

Dalam rangka Dies Natalis ke 54 dan sejalan dengan Undang-undang Pendidikan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh, maka Universitas Trisakti menyelenggarakan seminar ilmiah online berjudul “Sectioned images of the Visebel Korean for Anatomage Table”.

Seminar ini mengawali pembelajaran jarak jauh yang mengikut sertakan para mahasiswa FK USAKTI yang sedang menjalani kepaniteraan klinik di berbagai Rumah Sakit Pendidikan Utama dan Jejaring di Jakarta dan beberapa kot lain di Pulau Jawa.


Tidak hanya itu Ketua Ikatan Dokter Indonesia Jakarta Barat juga datang dalam acara tersebut dan memberikan pengarahan mengenai kode etik dalam dunia kedokteran, setelah itu ada pemaparan mengenai Pembelajaran Anatomi pada Kurikulum Berbasis Kompentensi yang dipaparkan oleh dr. Dian Mediana, M.Biomed. 

Serta Sectioned images of the Visebel Korean for Anatomage Table yang dipaparkan oleh Prof. Min Suk Chung (MD, MS, PhD) dari Negara Korea. Acara ini ditutup dengan peragaan Anatomage secara mendetail dan diperlihatkan kepada seluruh hadirin. (FZR)