Tinggalkan Fast Food, Mentan Ajak Milenial Terapkan Pangan Sehat

• Friday, 22 Nov 2019 - 14:53 WIB

JAKARTA - Kebanyakan orang di dunia mengubah pola pangan dan kebiasaan makannya. Termasuk di Tanah Air, seperti konsumsi fast food (makanan siap saji) meningkat setiap tahunnya.

Maka dari itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menggalakkan agar generasi milenial menerapkan pola pangan sehat. Pola pangan sehat adalah susunan jenis dan jumlah pangan yang dikonsumsi yang memenuhi kebutuhan gizi individu.

"#sobaTani, mau ikut serta dalam pembangunan nasional? Gampang kok, yuk mulai terapkan pola pangan sehat. #PetaniKita untung, kita pun sehat nan bugar. Tertarik? #panganuntuknegeri," tulisnya yang dilansir dari akun instagram Kementerian Pertanian pada Jumat (22/11/2019).

Berdasarkan keterangan dari Kementan, konsumsi makanan dan minuman siap santap semakin naik setiap tahunnya. Ini menyumbang 28% dari semua kalori yang dikonsumsi oleh orang perkotaan.

Kebanyakan yang makan siap santap ini adalah generasi milenial. Oleh karena itu, Syahrul berharap agar generasi milenial untuk kembali ke pola pangan sehat.

Dengan masyarakat menerapkan pola pangan sehat ini, maka pembangunan ketahanan pangan pun dapat terlaksana dengan baik. Pola pangan sehat inilah yang dapat mendukung cita-cita pembangunan nasional.

Isu ini penting untuk dikampanyekan kepada masyarakat. Diharapkan generasi milenial menjadi pemimpin atau pionir dalam mengkampanyekan pola pangan sehat.

"Masyarakat terutama generasi milenial harus betul-betul memahami soal bagaimana proses pangan itu hingga tersaji di meja makan," ujarnya.