4 Wakil Indonesia yang Rebut Emas Bulu Tangkis SEA Games 2005 Filipina

Bagas Abdiel • Wednesday, 27 Nov 2019 - 16:19 WIB

GELARAN SEA Games pada 2005 menjadi salah satu kejayaan bagi cabang olahraga (cabor) bulu tangkis pada nomor perorangan. Berlangsung di Manila, Filipina, Indonesia nyaris menyapu bersih lima medali emas yang dipertandingkan di nomor perorangan.

Meski begitu, Indonesia akhirnya berhasil memboyong empat medali yang datang dari tunggal putra dan putri, ganda putra serta campuran. Indonesia hanya gagal di ganda putri setelah pasangan Greysia Polii/Jo Novita harus puas meraih medali perak.

Lalu siapa saja empat pebulu tangkis Indonesia yang meraih medali emas di SEA Games 2005. Berikut keempat wakil tersebut.

4. Adriyanti Firdasari

Pada tunggal putri medali emas berhasil direbut Adriyanti Firdasari. Sebagai tunggal putri terbaik Indonesia pada masa itu, Firdasari mampu melaksanakan tugasnya dengan baik saat tampil di SEA Games 2005.

Meski begitu, keberhasilan Firdasari tergolong mengejutkan. Pasalnya ia sendiri tidak diunggulkan pada nomor perorangan ini. Pada laga final ia menumbangkan favorit juara asal Malaysia, Wong Mew Choo dengan skor 11-8 dan 11-7.

Adriyanti Firdasari

3. Sony Dwi Kuncoro

Medali emas pada tunggal putra menjadi milik Sony Dwi Kuncoro. Terciptanya All Indonesian Final setidaknya menguntungkan Tim Merah Putih untuk memastikan diri meraih medali emas dari tunggal putra.

Pada laga final, Sony bertemu juniornya Simon Santoso yang tidak menempati unggulan. Simon sendiri secara mengejutkan menumbangkan Lee Chong Wei di semifinal dan memastikan satu tiket ke babak final. Akan tetapi pada laga final Simon harus mengakui ketangguhan sang senior. Sony memenangi laga final dengan skor 17-16 dan 15-3.

Sony Dwi Kuncoro (Foto: Laman resmi PBSI)

2. Markis Kido/Hendra Setiawan

Pada ganda putra, medali emas diraih Markis Kido/Hendra Setiawan. Meski status mereka saat itu masih junior, tetapi Kido/Hendra mampu menunjukkan kualitasnya saat memenangi laga All Indonesian Final. Sama seperti tunggal putra, dua wakil Indonesia berhasil melaju ke final.

Pada partai puncak, Kido/Hendra menantang sang senior yang juga unggulan pertama yakni Luluk Hadiyanto/Alvent Yulianto. Berlangsung dalam tiga set, Kido/Hendra menang dengan skor 15-8, 7-15, dan 15-6.

Markis Kido/Hendra Setiawan

1. Nova Widianto/Liliyana Natsir

All Indonesian Final juga terjadi pada nomor ganda campuran. Pada partai puncak mempertemukan unggulan pertama, Nova Widianto/Liliyana Natsir melawan Anggun Nugroho/Yunita Tetty. Sebagai pasangan yang lebih diunggulkan, Nova/Liliyana pun mampu mewujudkannya.

Nova/Liliyana berhasil meraih medali emas setelah menang mudah atas Aggun/Yunita dengan skor 15-6 dan 15-2. Kemenangan tersebut pun memastikan Indonesia menjadi juara umum cabor bulu tangkis setelah meraih empat medali emas dari nomor perorangan. Total bulu tangkis Indonesia meraih 10 medali yang terdiri dari empat emas, lima perak, dan satu perunggu.

Nova Widianto/Liliyana Natsir (Foto: AFP)

(Bad)