Uji Coba LRT Jabodebek, Menristek: Mulus Lancar, Tidak Ada Noise

• Thursday, 28 Nov 2019 - 13:12 WIB

Jakarta - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro pagi tadi meninjau proyek LRT Jabodebek. Tidak hanya melakukan peninjauan cuma, Bambang juga mencoba kereta LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun LRT Ciracas.

Kunjungan kali ini dalam rangka melihat progress sarana LRT sekaligus mendiskusikan dukungan Kemenristek dalam pengembangan industri perkeretaapian ke depan.

Dalam uji coba ini, Bambang akan memberi masukan terkait teknologi yang mesti dikembangkan di sektor transportasi massal.

"Kebetulan dalam posisi saya sebagai Menristek yang membawahi BPPT dan LIPI, proses pembuatan gerbong dan pengoperasian gerbong yang dibuat oleh PT INKA, pengoperasian kereta berlangsung dengan sangat baik. Artinya kualitas dari gerbongnya, kualitas dari perjalanannya, operasionalnya juga sangat mulus, hampir tidak ada kebisingan," ujar Bambang di stasiun LRT Harjamukti, Cibubur, Kamis, (28/11/2019).

Bambang mengaku puas menjajal kereta LRT Jabodebek. Menurutnya, perjalanan kereta garapan INKA ini sangat mulus dan tidak terlalu bising.

"Operasionalnya sangat mulus. Hampir tidak ada noise, hampir tidak ada kebisingan. Sangat mulus jalannya, lancar," ujar Bambang di Stasiun LRT Harjamukti, Depok, Kamis (28/11/2019).

Bambang menyatakan kereta LRT Jabodebek merupakan bukti bahwa produk dalam negeri sudah harus diperhitungkan. Menurutnya INKA berhasil membuktikan kapasitasnya.

"Ini menunjukkan bahwa kemampuan putra-putri bangsa Indonesia melalui PT INKA. Sudah sampai pada teknologi kereta api yang ke depannya sangat dibutuhkan masyarakat," ucap Bambang.

Sebagai informasi progres Sampai per 22 november 2019, konstruksi proyek jalur keseluruhan LRT Jabodebek saat ini mencapai 67%. Jumlah tersebut terbagi tiga lintas, masing-masing Cawang - Cibubur, Cawang - Dukuh Atas, dan Cawang - Bekasi Timur.

lintas Cawang - Dukuh Atas, sekarang progres konstruksinya sudah 59%. Trase itu menghubungkan Cawang - Ciliwung - Cikoko - Kuningan - Rasuna Said - Karet Kuningan - Setiabudi - Dukuh Atas.

Sedangkan untuk rute Cawang - Bekasi Timur, progresnya 60,6%. Trase itu menghubungkan Cawang - Halim - Jati Bening Baru - Cikunir - Cikunir 2 - Bekasi Barat - Jatimulya.

Untuk jalur Cawang - Cibubur, yang menghubungkan Cawang - Taman Mini - Kampung Rambutan - Ciracas - Kampung Rambutan, kini progresnya mencapai 86,1%. (faz)