Edgar Marvelo, Meraih Emas SEA Games 2019 di Tengah Kabar Duka Kepergian sang Ayah

• Tuesday, 3 Dec 2019 - 14:13 WIB

MANILA – Pewushu kebanggaan tanah air, Edgar Xavier Marvelo, sukses mengibarkan bendera Merah Putih di ajang SEA Games 2019. Pada hari ini, (3/12/2019) pagi WIB, ia mempersembahkan dua medali emas di nomor taolu daoshu/gunshu dan taoulu duilian.

Akan tetapi, di tengah kegembiraannya merayakan raihan dua medali emas yang didapat, Edgar memiliki kabar duka yang sangat mendalam. Dini hari tadi, Edgar mendengar kabar sang ayah mengembuskan napas terakhir.

Edgar Xavier Marvelo (Foto: Instagram)

Bahkan setelah kelar pertandingan pagi tadi, Edgar tak bisa membendung rasa tangis akibat kepergian sang ayah. Tentu raihan dua medali emas yang juga bertepatan dengan kepergian sang ayah memberikan perasaan campur aduk kepada Edgar.

Ketegaran Edgar pun terlihat pada saat pengalungan medali. Peraih medali perak Asian Games 2018 itu tak mampu membendung rasa haru saat Indonesia Raya dikumandangkan dan pengibaran bendera Merah Putih.

Setelah acara pengalungan medali, Edgar rencananya akan kembali pulang ke Tanah Air pada hari ini. Namun, rencana tersebut urung dilakukan karena saat ini di Filipina sedang dilanda badai Kammuri yang menyebabkan semua penerbangan dibatalkan.

Edgar Xavier Marvelo

Pewushu 21 tahun itu berhasil meraih emas di nomor taolu daoshu/gunshu setelah mencatak poin tertinggi senilai total 19.36 dengan rincian daoshu 9,68 dan gunshu 9,68. Sementara itu di nomor taolu duilian, Edgar bersama Harris Horatius dan Seraf Naro Siregar mengumpulkan poin tertinggi yakni 9,54.