Usai Pecat Ari Askhara, Erick Thohir: Kita Proses Secara Tuntas

• Thursday, 5 Dec 2019 - 18:39 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir memastikan, kasus penyelundupan penyelundupan suku cadang sepeda motor Harley Davidson yang diangkut pesawat anyar maskapai Garuda Indonesia bakal diusut secara tuntas. Foto/SINDO Photo/Yorri Farli

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan, kasus penyelundupan penyelundupan suku cadang sepeda motor bekas bermerek Harley Davidson yang diangkut pesawat anyar maskapai Garuda Indonesia berjenis A300-900 Neo bakal diusut secara tuntas. Sebelumnya Menteri Erick telah memecat I Gusti Ngurah Askhara dari posisi Direktur Utama PT Garuda Indonesia. Tbk (Persero).

"Kita proses secara tuntas, apalagi ada kerugian negara, tidak hanya perdata juga pidana," tegas Menteri BUMN Erick Thohir di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Pada kesempatan tersebut, Erick juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan jajaran Direktorat Bea Cukai yang sudah melakukan investigasi kasus penyelundupan Harley Davidson dan dua sepeda tersebut. "Bagaimana faktor integritasnya dan GCG harus terus ditingkatkan dan harus dilaksanakan sebaik-baiknya," jelasnya.

Sebelumnya untuk pemberhentian I Gusti Ngurah Askhara sebagai Dirut Garuda Indonesia masih harus menunggu rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB). Sementara itu Menku mengungkapkan, modus penyelundupan suku cadang sepeda motor bekas bermerek Harley Davidson yang diangkut Garuda Indonesia yakni dengan disembunyikan di lambung pesawat.

"Jadi ini kita temukannya di lambung pesawat bukan di kargo, " ujar Menkeu Sri Mulyani yang juga mengungkapkan Kemenkeu bersama Bea Cukai telah melakukan penyeledikan terhadap SAW dan LS yang diduga pemilik barang selundupan tersebut, yang masih berlangsung hingga kini.

SAW adalah nama yang tertera pada claimtag 15 koli yang berisi sparepart motor Harley Davidson bekas dengan kondisi terurai, sedangkan LS adalah nama yang tertera pada claimtag 3 koli yang berisi 2 unit sepeda Brompton kondisi baru beserta aksesoris sepeda.