Menlu dan Menhan RI-Australia Bertemu di Bali

M. Karamoy • Thursday, 5 Dec 2019 - 20:16 WIB

Nusa Dua - Menteri Luar Negeri Marise Payne dan Menteri Pertahanan Linda Reynolds CSC, akan bertemu dengan mitra Indonesia mereka, Jumat (6/12/2019) di Bali, dalam pertemuan ‘Australia-Indonesia 2+2 Foreign and Defence Ministers’ 2019. Mereka akan mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Indonesia dan Australia adalah sahabat dan tetangga dekat, serta mitra yang strategis di kawasan Indo-Pasifik. Hubungan ini makin diperkuat melalui Kemitraan Strategis Komprehensif, yang disampaikan oleh Perdana Menteri Scott Morrison dan Presiden Joko Widodo pada Agustus 2018.

Kedua negara memiliki komitmen bersama untuk memerangi terorisme, memastikan keamanan maritim, mendorong perdamaian dan keamanan di kawasan, dan memperkuat rancangan keamanan regional.

RI-Australia juga berkomitmen untuk membangun jalinan perdagangan dan investasi melalui Kesepakatan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia.

Pertemuan 2+2 ini adalah kesempatan yang penting untuk membicarakan upaya tambahan untuk memperdalam dan memperkuat kemitraan, dan mengidentifikasi aspek-aspek kerja sama yang lebih kuat untuk mengatasi tantangan bersama di bidang keamanan dan kebijakan luar negeri.

Menteri Payne dan Menteri Reynolds menanti kerja sama dengan mitra mereka, dalam menjalin hubungan yang mencerminkan kedekatan persahabatan, dan sejarah panjang terkait kerja sama kedua negara.
 
Menlu Marise Payne berkunjung ke Indonesia dari 4 hingga 6 Desember untuk mengambil bagian dalam Bali Democracy Forum dan mengadakan pembicaraan dengan mitra termasuk Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.
Pada hari Kamis (5/12/2019), Menlu Payne menghadiri Bali Democracy Forum ke-12, sebuah inisiatif penting oleh Indonesia yang mempertemukan negara-negara untuk membahas kemajuan nilai-nilai demokrasi.
 
Menurutnya, titik berat Bali Democracy Forum tahun ini - Kepemimpinan Perempuan, Inklusi dan Negara Demokrasi – sangatlah tepat. Menlu Payne akan mengambil bagian dalam panel dengan sesama menteri luar negeri perempuan, untuk membahas hak asasi manusia, masyarakat yang tangguh dan inklusif, kesetaraan gender dan keterwakilan perempuan.

Pada hari Jumat (6/12/2019), Menlu Payne akan bertemu dengan Menlu Marsudi untuk membahas kemajuan dalam memperkuat Kemitraan Strategis Komprehensif. 

Selain itu, Menteri Pertahanan Linda Reynolds dan Menlu Payne kemudian mengadakan pertemuan ‘Australia-Indonesia 2+2 Foreign and Defence Ministers’ 2019 dengan Menteri Marsudi dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Selama di Bali, Menlu Payne juga akan bertemu dengan Menteri-menteri Luar Negeri lainnya dari berbagai kawasan, serta para pemimpin bisnis Australia dan Indonesia untuk membahas hubungan antar-masyarakat dan hubungan perdagangan yang terus tumbuh.

(*)