Miliki Kapabilitas, PKB Dukung Penuh Gibran Maju Pilwalkot Solo

Raka Dwi Novianto • Monday, 9 Dec 2019 - 11:12 WIB
PKB mendukung penuh pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Wali Kota Solo dalam Pemilihan Kepala Daerah 2020.

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung penuh pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Wali Kota Solo dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Pencalonan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu bukan hanya kehendak segelintir elit politik di daerah maupun nasional, melainkan telah menjelma menjadi keinginan mayoritas warga Solo.

"PKB sebagai partai politik tentu berkewajiban mendukung penuh keinginan mayoritas masyarakat. Dalam pandangan kami sejak awal, Gibran layak memimpin Solo," ujar Ketua Desk Pilkada DPP PKB, Faisol Riza keterangan tertulisnya, Senin (9/12/2019).

Menurut Faisol, ada beberapa alasan mengapa PKB jatuh hati kepada Gibran. Pertama, suami Silvi Ananda itu masih muda. Artinya, memiliki tenaga untuk melakukan blusukan sampai ke desa-desa. "Gibran bisa mendengar langsung apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Bukan asal terima masukkan dari bawahan," jelasnya.

Kedua, lanjut Faisol, Gibran memiliki pengalaman memimpin. Karena dia merupakan seorang pengusaha Indonesia. Sejak Desember 2010, dia membuka usaha katering yang diberi nama Chilli Pari sekaligus pendiri perusahaan kuliner martabak Markobar.

"Jadi kalau ada yang meragukan kemampuan Gibran memimpin sesungguhnya belum mengenal siapa Gibran. Tak mungkin usahanya berkembang pesat kalau dia tidak memiliki kemampuan memimpin dan mengelola perusahaan," ungkapnya.

Ketiga, kata Faisol, Gibran tak pernah memanfaatkan kekuasaan ayahnya untuk memperluas usahanya. "Dengan usaha sendiri perusahaannya di bangun. Artinya, kecil kemungkinan Gibran menggunakan kekuasaan untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum," katanya.

Ketua Komisi VI DPR itu mengajak seluruh partai politik untuk memberi ruang dan dukungan kepada pria kelahiran Surakarta, 1 Oktober 1987 itu, untuk mengabdi serta menyumbangkan seluruh kemampuannya untuk membangun kota kelahirannya. "PKB sudah memantapkan hati mendukung Gibran di Pilkada Solo mendatang," tuturnya.