Askrindo Dan Baznas Gelar Bakti Sosial untuk Anak Baduy

• Wednesday, 11 Dec 2019 - 00:27 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang  bergerak dalam asuransi, PT ASKRINDO (Persero) melakukan kerjasama bakti sosial untuk Anak Baduy, di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, Senin (9/12). Bakti Sosial  dilakukan dengan menggelar layanan kesehatan melalui Rumah Sehat BAZNAS (RSB) sebagai perwujudan dari program pengentasan kemiskinan salah satunya menyasar pada bidang kesehatan.

Kepala Divisi CSR dan Zakat Perusahaan BAZNAS, Agus Siswanto mengatakan kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari kesepakatan yang tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) dalam pengelolaan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. 

“Ini sebuah langkah awal untuk menjalankan serangkaian kegiatan yang akan dilakukan BAZNAS dengan PT ASKRINDO kedepan. BAZNAS akan terus berkomitmen menjadi mitra yang baik untuk menjaga sinergitas demi memperluas manfaat dan layanan bagi masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Agus menjelaskan pada bidang kesehatan ini, RSB bersama PT ASKRINDO melakukan layanan pemeriksaan tumbuh kembang anak, mengingat Lebak masuk dalam kategori tinggi stunting. 

Hal ini didasarkan hasil penimbangan Februari 2019, dimana jumlah kasus stunting baik yang pendek maupun sangat pendek di Kabupaten Lebak tercatat 6.991 balita, yang tersebar di 28 kecamatan.

“Dalam kegiatan dilakukan pemeriksaan tinggi dan berat badan, lingkar kepala dan pemeriksaan lainnya. Hasil dari pemeriksaan ini bisa menjadi catatan dan informasi terkini yang nantinya dapat diolah menjadi data sebagai program tindaklanjut yang dibutuhkan oleh lembaga terkait,” ujarnya.

Untuk itulah dalam kesempatan kali juga dilakukan pemberian makanan sehat yang diberikan dalam bentuk susu kotak yang dapat dikonsumsi selama sebulan, serta biskuit yang mengandung gizi agar kelengkapan gizi anak terpenuhi untuk mencegah atau mengurangi angka stunting serta gizi buruk.

Terakhir Pemberian Mainan Edukatif, dalam bentuk alat permainan edukatif (APE) berupa puzzle, balok dan jenis lainnya, agar anak anak di Baduy dapat merasakan mainan yang sama dengan anak anak di kota lainnya di Indonesia.
Selain bidang kesehatan untuk Anak Baduy, PT ASKRINDO juga mengadakan kegiatan bantuan di bidang pendidikan, diantaranya pelatihan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), serta penyerahan mobil pintar untuk pemerintah provinsi Banten.

Mobil Pintar  adalah program Bina Lingkungan dari PT. Askrindo dalam rangka untuk meningkatkan minat baca dan membangun budaya literasi sehingga anak dapat belajar dan mendapatkan banyak pengetahuan serta membangun karakter positifnya. Saat ini Mobil Pintar sudah ada di 14 Provinsi, dan Provinsi Banten merupakan yang ke-15. Mobil ini diserahkan kepada PAUD Institute Banteng yang berlokasi di Al Muhajirin, Kabupaten Serang. 

Program yang ada di Mobil Pintar antara lain perpustakaan keliling, parenting, mendongeng, dengan fasilitas buku bertema karakter dan pengetahuan, alat permainan edukatif serta dilengkapi juga dengan sarana multimedia.

Nantinya Mobil Pintar dapat mengunjungi lembaga PAUD, komunitas literasi atau kegiatan lain yang membutuhkan kehadiran Mobil Pintar. Mobil Pintar PT ASKRINDO akan menemani belajar anak anak Indonesia, dalam menebarkan karakter positif untuk membangun sumber daya manusia yang unggul. (ANP)