Pengurus GINSI 2019-2024 Resmi Dikukuhkan

• Wednesday, 11 Dec 2019 - 16:18 WIB

Jakarta - Badan Pengurus Pusat (BPP) Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) menunjuk Capt. H Subandi sebagai ketua organisasi periode 2019-2024. Subandi terpilih menjadi Ketua GINSI berdasarkan musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) yang digelar di Bali pada bulan November lalu.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Feri Anggriono Sutiarto, membuka secara resmi acara Pengukuhan Badan Pengurus Pusat (BPP) Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) periode 2019-2024.

Feri mengatakan, dengan adanya pengukuhan tersebut, Pemerintah berharap agar tidak ada lagi friksi-friksi pada pengusaha khususnya yang berkecimpung di bidang perdagangan impor.

"Jangan lagi ada friksi di tubuh GINSI. Dengan pengukuhan ini kita harapkan GINSI tetap solid agar menjadi mitra pemerintah dalam menyiapkan regulasi, khususnya di bidang impor,” ujarnya saat membuka Pengukuhan Badan Pengurus Pusat (BPP) Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) periode 2019-2024 di Jakarta, Rabu (11/12).

Pengukuhan Pengurus BPP GINSI 2019-2024 dilakukan langsung oleh Ketua Dewan Pembina dan Pengawas Ahmad Syahroni.

Pada hari itu juga, dilaksanakan pengukuhan kepengurusan pengurus pusat GINSI di hotel tersebut. Selain Capt. Subandi, nama yang masuk kepengurusan GINSI diantaranya adalah Ahmad Sahroni sebagai ketua dewan pembina, Edy Putra Irawadi (pembina), Irwan Prajitna (sekretaris jenderal), Nedria Dahlan (wakil ketua bidang kepelabuhan), Anwar Sjani (wakil ketua bidang organisasi) dan Thamrin Latuconsina (wakil ketua bidang perdagangan).

Ketua UMUM GINSI Capt. H Subandi mengatakan GINSI akan menjadi mitra pemerintah dan instansi terkait dalam pembuatan maupun menjalankan peraturan dan regulasi yang berlaku di Indonesia, terutama dalam bidang perdagangan luar negeri.

"Iya tentu kita berharap kedepan itu ada kemitraan yang lebih strategis lagi, terkait dengan kegiatan perdagangan luar negeri," ujar Subandi.

"Saya ingin GINSI ini kembali kepada era yang lalu, bahwa GINSI itu pernah sangat kuat bekerjasama dengan kementerian terkait. Terutama soal pembinaan kepada para pelaku usaha perdagangan luar negeri atau yang sering kita dengar importir, baik dari sisi pembuatan regulasinya maupun pada saat sosialisasi atau penyebaran regulasi yang sudah dibuat," kata Subandi di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, Rabu, (11/12/2019).

Seperti diketahui, GINSI mengadakan munaslub di Grand Mega Resort, Kuta, Bali, pada hari Rabu (13/11/2019). Munaslub dilakukan untuk memilih Ketua umum GINSI yang baru dan penyusunan AD/ART dan penyusunan pengurus GINSI yang baru.

Permintaan munaslub tersebut terkait dengan diberhentikannya Sekjen GINSI Erwin Taufan oleh Ketua Umum Anton Sihombing beberapa waktu lalu.

Anton juga dianggap telah melakukan pelanggaran organisasi diantaranya tidak melakukan Rapat Kerja Nasional (Rakernas), rapat pimpinan selama periode berjalan hingga hari ini, tidak ada kegiatan sesuai dengan AD/ART yang sudah ditetapkan dan melakukan pemecatan secara sepihak tanpa menggelar musyawarah atau rapat pleno secara sah.

GINSI memiliki pengurus 10 BPD yakni Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, BPD DKI Jakarta, Jawa Tengah, Banten, Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Sumatera Barat. Berdasarkan kesepakatan bersama peserta Munaslub, telah disepakati dan didukung oleh 7 dari 10 DPD GINSI, H. Captain Subandi sebagai Ketua Umum BPP (Badan Pengurus Pusat) GINSI Periode 2019-2024 menggantikan Anton Sihombing.

Berikut susunan Badan Pengurus Pusat GINSI masa bhakti 2019-2024

Dewan Pembina & Pengawas

Ketua    : H.Ahmad Sahroni  

Anggota : H. Edy Putra Irawadi  

Anggota : Martin Manurung  

Anggota : Ahmad Iman  

Anggota : Sarman Simanjorang  

Anggota : Rainer Prakuso Tobing  

Anggota : DR H.Sungkono Ali  

Anggota : Wibi Andrino

 

Dewan Pengurus Harian

Ketua Umum : Capt.H.Subandi

Ketua Organisasi,keanggotaan dan Pelatihan : Herlambang Wibowo

Ketua Logistik danPerhubungan: H.Erwin Taufan

Ketua Perekonomian,Industri dan perdagangan : Adi Putra Prajitna

Ketua Hubungan antar lembaga dan Media : Hardy Hermawan

Ketua Hukum dan Advokasi : Muhammad Tubagus Abduh

 

Sekjen : Irwan Prajitna

Wakil Sekretaris: Mualimin Daming

 

Bendahara Umum : Alamsjah

Wakil Bendahara :H.Tajudin Iyus  

 

Wakil Ketua Bidang

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan : Anwar Sjani

Wakil Ketua Bidang Pelatihan : Sistanto Purnomo

Wakil Ketua Bidang Kepelabuhanan : Nedria Dahlan

Wakil Ketua Bidang Kepabeanan : Hirmon Tjandi  

Wakil Ketua Bidang Perindustrian : Ratna Nila Juwita  

Wakil Ketua Bidang Perdagangan : Thamrin Latuconsina  

Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga : Ivansyah  

Wakil Ketua Bidang Media Informasi : Paulin Dini Ariza  

Wakil Ketua Bidang Hukum Industrial : Bama Djokonugroho  

Wakil Ketua Bidang Hukum Pidana : Panji Kartono.  (faz)