Terkait Jokowi, Pilkada Medan dan Solo Disorot Publik

Rakhmatullah • Tuesday, 17 Dec 2019 - 09:42 WIB

Direktur Eksekutif Media Survei Nasional (Median), Rico Marbun mengatakan dari 270 daerah yang akan menggelar Pilkada Serentak pada 2020, kota Medan dan kota Solo yang paling 'menyedot' perhatian masyarakat.

"Ini karena ada keterlibatan kerabat dari Presiden Jokowi di dua pilkada itu. Solo ada putranya dan di Medan ada menantunya," kata Rico, Selasa (17/12/2019).

Rico sendiri mengaku belum melakukan survei untuk bakal calon Wali kota Medan yang akan diikuti oleh menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution. Pihaknya baru melakukan survei bakal calon Pilwalkot Solo yang diikuti oleh putra Sulung Presiden, Gibran Rakabuming Raka.

Dari hasil survei sementara lembaganya, meski sejauh ini Gibran banyak dinilai pengamat memiliki tingkat popularitas dan elektabilitas tinggi, namun hasil temuan surveinya menunjukkan Gibran masih kalah dengan Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo yang juga akan maju di Pilwalkot tersebut.

"Memang ini baru sampai pada tahap pendaftaran, sementara pilkada sendiri itu dilangsungkan 23 September. Kenapa solo menarik, karena inilah track yang dilalui Pak jokowi sampai kepada pucuk kepemimpinan nasional," pungkasnya.