Kesiapan Operator Seluler Antisipasi Kenaikan Trafik saat Natal dan Tahun Baru 2020

Dini Listiyani • Tuesday, 17 Dec 2019 - 11:48 WIB
Suasana Natal (Foto: Pixabay/Mariamichelle)

JAKARTA - Guna mengantisipasi adanya peningkatan dan pergerakan trafik saat Hari Raya Natal 2019 dan Perayaan Tahun Baru 2020, para operator seluler meningkatkan kapasitas jaringan. Terutama di lokasi titik keramaian perayaan.

Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan koordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan. Lantas apa saja kesiapan infrastruktur yang dilakukan operator seluler?

Pertama Telkomsel. Operator berplat merah ini mengoptimalkan seluruh jaringan di 533 titik dengan menyediakan 82 Mobile BTS di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat. Secara keseluruhan, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia, di mana 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.

Selanjutnya, XL Axiata. Untuk mengantisipasi kenaikan trafik saat Natal dan Perayaan Tahun Baru 2020, XL mengerahkan 30 Mobile BTS, melakukan pengecekan jaringan atau QoS di 300 titik pusat keramaian, tiga jalur kereta, dan tujuh jalur tol.

Selain itu, XL juga melakukan patroli dan pengecekan jalur-jalur fiber utama bersama dengan semua partner untuk memastikan jalur telekomunikasi berlangsung lancar.

Beralih ke Indosat Ooredoo. Untuk mengantisipasi kenaikan trafik, Indosat Ooredoo menambahkan empat mobile BTS di beberapa lokasi wisata, penambahan lebih dari 12 ribu BTS 4G secara masif di seluruh Indonesia sepanjang 2019, peningkatan kapasitas untuk layanan data, voice, dan SMS.

Lalu, Indosat Ooredoo juga melakukan pengukuran QoS dan memastikan QoS dalam kondisi baik, terutama di titik-titik keramaina seperti bandara, terminal, stasiun, dan tempat wisata.

Sementara Hutchison 3 Indonesia menambahkan kapasitas di 3490 BTS yang terdiri atas 3410 unit BTS 4G LTE dan 80 unit BTS 3G, ekspansi kapasitas di 3660 BTS 4G di kanal baru spektrum 2100 MHz, 160 titik penting dan pusat keramaian terlayani dan dioptimalkan, lalu 15 mobile BTS ditambahkan untuk mendukung di jalan utama dan beberapa pusat keramaian di Jawa seperti di bandara, stasiun kereta dan bus, pelabuhan laut dan kunjungan wisata.

Sedangkan Smartfren untuk mengantisipasi kenaikan trafik saat Natal dan Tahun Baru 2020 mengalokasikan 29 Mobile BTS, di mana 22 terpasang dan 7 standby di lokasi atau area regional.

Terlepas dari itu, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo juga melakukan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi di beberapa lokasi, di antaranya di Kawasan Monas yang berdekatan dengan Gereja Katedral, Bandara Soekarno Hatta, Bandara Halim Perdana Kusuma, Taman Mini Indonesia Indah, dan kota-kota lainnya.

"Hasil pengukuran kualitas layanan ini kemudian disampaikan kepada operator untuk dilakukan optimasi jaringan sehingga masyarakat dapat menikmati layanan telekomunikasi yang berkualitas," kata Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan yang diterima iNews.id, Selasa (17/12/2019).

Kementerian Kominfo akan terus melakukan pemantauan terhadap performansi jaringan operator seluler dalam menghadapi Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, termasuk PT Telkom dalam penyediaan akses internet di titik-titik yang menjadi pusat konsentrasi massa.