Seorang kakek bernama Petrus ditemukan tidak bernyawa di pagar rumah warga, di Jalan Untung Surapati, RT 01 RW 23, Kelurahan Benua Melayu Darat (BMD) Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (17/12/2019) sekira pukul 08.30 Wib.

Rachmat Fahzry • Tuesday, 17 Dec 2019 - 15:13 WIB

Harare - Istri Wakil Presiden Zimbabwe Constantino Chiwenga dituduh berusaha membunuh suaminya.

Mary Mubaiwa, seorang mantan model, muncul di pengadilan untuk menghadapi tuduhan bahwa ia mencoba membunuh Chiwenga yang sedang dirawat di rumah sakit di Afrika Selatan apda awal tahun ini.

Dia awalnya ditangkap pada Sabtu 14 Desember dengan tuduhan penipuan, pencucian uang. Seorang hakim memerintahkan dia ditahan sambil menunggu pemeriksaan setelah jaksa mengatakan dia berisiko kabur dan dapat mengganggu saksi.

Foto/AP

Penyelidik mengatakan Mubaiwa berada di kamar rumah sakit suaminya pada 8 Juni ketika dia meminta keamanan untuk meninggalkannya sendirian dengannya. Mereka mengatakan dia melepaskan selang infus dan kateter suaminya, menyebabkan Chiwenga berdarah, dan kemudian memaksanya turun dari tempat tidur.

Rekaman kamera keamanan menunjukkan dia mencoba untuk membawa Chiwenga keluar dari rumah sakit, kata jaksa penuntut. Chiwenga kemudian pergi ke China mendapat perawatan selama empat bulan sebelum kembali ke Zimbabwe.

"Keadilan akan menang pada akhir hari sehingga Anda tidak perlu khawatir," kata ayah Mubaiwa, Kenny mengutip AP via Fox News, Selasa (17/12/2019).

Zimbabwe telah melakukan upaya dalam beberapa tahun terakhir untuk mengurasi korupsi. Presiden Emmerson Mnangagwa telah menjadikan masalah ini sebagai prioritas utama sejak ia menjabat pada tahun 2017.

Namun, para kritikus mengatakan komisi anti-korupsi negara itu hanya menargetkan orang-orang yang berbeda pendapat.

 

(sumber:inews.id)