4 Aplikasi dan Website untuk Melihat dan Mewaspadai Titik Banjir di Jakarta

• Monday, 6 Jan 2020 - 12:18 WIB
Situasi Jakarta yang terendam banjir. (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

JAKARTA - Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak malam pergantian tahun menyebabkan genangan air atau banjir di sejumlah titik. Tagar #Banjir2020 mengisi posisi atas dalam daftar tren di media sosial Twitter. Tercatat, telah lebih dari 100 ribu cuitan terkait tagar tersebut.

Kini beberapa titik banjir di Jabodetabek telah surut. Namun, masih ada yang mengalami banjir, sehingga memutus akses jalan maupun mengganggu penggunaan transportasi. Baik itu transportasi umum dan pribadi.

Adapun beberapa aplikasi dan website yang dapat mengecek titik-titik banjir ataupun membantu meningkatkan kewaspadaan melalui perkiraan cuaca maupun status tinggi muka air.

1. Pantau Banjir

Pantau Banjir merupakan aplikasi yang berfungsi untuk melihat informasi terkait ketinggian air di Jakarta. Anda dapat melihat kondisi siaga ketinggian air di pintu air dan pos pengamatan. Selain itu, ada pula pilihan untuk melihat informasi terkait pompa air yang beroperasi. Aplikasi dari Pemprov DKI Jakarta ini dapat diunduh secara gratis di ponsel Anda.

2. PetaBencana.id

PetaBencana.id merupakan sebuah proyek yang dilaksanakan oleh Yayasan Peta Bencana sebagai sebuah platform gratis dan terbuka untuk manajemen bencana di kota-kota besar di Asia Selatan dan Asia Tenggara, dan ini tidak hanya banjir. Website ini mengumpulkan, menyortir, dan memvisualisasikan data menggunakan CogniCity Open Source Software, sebuah platform untuk manajemen kebencanaan.

3. Sistem Peringatan Dini Banjir Provinsi DKI Jakarta

Aplikasi selanjutnya adalah 'Sistem Peringatan Dini Banjir Provinsi DKI Jakarta' oleh Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta. Di aplikasi ini, Anda bisa melihat informasi terkait status ketinggian muka air sungai di Jakarta. Fitur lainnya yaitu informasi grafik tinggi muka air dalam 24 jam terakhir, perkiraan cuaca Jabodetabek dari BMKG dan notifikasi status siaga pintu air. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di ponsel Anda.

4. Twitter

Sebagai media sosial, Twitter memiliki beberapa akun yang berguna saat bencana datang. Entah itu akun resmi dari pemerintah maupun dari masyarakat. Di aplikasi ini, Anda bisa mengecek titik-titik banjir di Jabodetabek melalui tagar-tagar terkait banjir. Selain itu, ada pula informasi-informasi resmi dari BMKG, BNPB, BASARNAS, dan BPBD setempat secara real time dan akurat.

(Sumber: Inews.id)