KPU Surabaya Tetapkan Maskot Pilwalkot 2020

• Thursday, 16 Jan 2020 - 16:39 WIB

Surabaya - KPU Kota Surabaya akhirnya menetapkan maskot pilwalkot 2020 yang rencananya digelar pada bulan September mendatang. Maskot Pilwalkot tersebut ditetapkan KPU Kota Surabaya setelah melewati sayembara.

Zubairi Komisioner KPU Kota Surabaya mengatakan, ada 34 desain maskot yang ditrima oleh KPU. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan KPU Surabaya, maskot yang akhirnya ditetapkan menang adalah maskot yang menggambarkan ciri khas Surabaya, yaitu ikon Suro (Ikan Hiu) dan Boyo (Buaya).

"Dari puluhan desain yang masuk, KPU Surabaya memilih desain dengan ikon Suro dan Boyo serta logo KPU yang menang. Hal ini didasarkan pada ciri khas Surabaya dan sangat mudah dikenali oleh masyarakat baik yang ada di Surabaya maupun luar Surabaya," ujar komisioner yang juga mantan jurnalis Sindo Koran tersebut.

Nantinya maskot yang sudah ditetapkan tersebut akan segera disahkan dan diluncurkan untuk dikenali oleh masyarakat.

Selain maskot, KPU Kota Surabaya juga memilih mars dan jingle untuk Pilwalkot Surabaya. Supriyatno Komisioner KPU Surabaya  mengatakan, untuk mars dan jingle yang ditetapkan menang adalah yang bisa mengajak arek Suroboyo berpartisipasi dalam pilwalkot nanti. Selain itu juga mudah diingat dan terdapat sentuhan seni budaya Suroboyoan.

"Kita juga telah menetapkan mars dan jingle yang akan digunakan dalam pilwalkot nanti. Kita ingin mars dan jingle tersebut bisa menggugah warga Surabaya berbondong bondong ke TPS untuk memberikan hak suaranya," pungkas Nano panggilan akrab Supriyatno Komisioner KPU Surabaya. (Hermawan)