Hujan Deras, Plengsengan Tanggul di Probolinggo Ambrol Tergerus Aliran Sungai

• Monday, 20 Jan 2020 - 13:30 WIB
(Foto: iNews/Hana Purwadi)

PROBOLINGGO – Sebuah plengsengan tanggul di Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) ambrol, Senin (20/1/2020) pagi. Padahal plesengan tanggul ini baru dibangun di tahun 2019 lalu.

Hujan deras yang melanda Probolinggo, Minggu (19/1/2020) malam mengakibatkan debit air sungai di Desa Sindet Lami, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, meningkat. Akibat gerusan aliran air ini sebuah plengsengan tanggul ambrol bahkan memakan bahu jalan.

Panjang plengsengan yang ambrol ini mencapai 50 meter. Akibatnya, kendaraan roda empat jenis truk yang biasa memuat hasil panen nyaris tidak bisa melintas karena takut terguling.

“Kemungkinan akibat sampah yang membuat arusnya jadi ga lancar dan menggerus tanggul, sampahnya kertas-kertas itu,” kata salah satu warga, Hasan.

Muspika setempat langsung mengecek kondisi ambrolnya plengsengan ini. Pemerintah kecamatan akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan penyebab pasti ambrolnya plengsengan ini.

“Saya minta perangkat desa buat laporan tertulis terkait kronologi kejadian termasuk akibat yang ditimbulkan, nanti ada tim sendiri entah dari Inspektorat atau Dinas PMD yang mengecek,” kata Camat Besuk, Puja Kurniawan.

Ke depan, pemerintah akan segera membangun kembali plengsengan ini agar aktivitas warga menjual hasil panen tidak mengalami kendala.

 

Editor : Umaya Khusniah

( Sumber : iNews.id )