Ketika Donnie Yen Menjadi Polisi Gemuk dalam Enter The Fat Dragon

• Thursday, 23 Jan 2020 - 13:04 WIB

Genre: Komedi, action 

Sutradara: Kenji Tanigaki, Wong Jing

Pemeran: Donnie Yen, Niki Chow

Produksi: Bona Film Group

Durasi: 1,5 jam 

Mulai tayang di Cinema XXI: 24 Januari 2020

 

Menjelang tahun baru Imlek, penonton akan dimanjakan dengan penampilan bintang-bintang Hong Kong di Cinema XXI. Salah satunya "Enter The Fat Dragon" yang juga action comedy 'remake' berjudul sama tahun 1978. Pada edisi sebelumnya, sineas Sammo Hung berperan sebagai sutradara sekaligus peran utama, menampilkan parodi dan satir film Bruce Lee tahun 1972, "Way of the Dragon", serta fenomena legenda tersebut pada era 70-an. 

Kali ini, peran utama dibawakan oleh Donnie Yen, yang baru selesai dengan proyek Ip Man, kisah guru beladiri Bruce Lee. Donnie memainkan Fallon Zhu, polisi baik, bahkan terlalu baik sehingga sering dikritik karena niat baiknya bak superman. Saat menjalankan tugasnya, Fallon gigih menuntaskan menangkap penjahat namun harus memakan korban warga sipil dan kegaduhan publik. Padahal, dalam kehidupan sehari-hari, kebaikan tidak sesederhana hitam-putih, melainkan harus ditegakkan dengan cara-cara benar. 

Prinsip Fallon yang terlalu 'sempurna' menumpas kejahatan, juga ditentang tunangannya, Chloe, yang berprofesi sebagai artis papan bawah. Hubungan cinta selama 10 tahun pun kandas karena Fallon dianggap tidak mampu menjadi orang normal versi Chloe.

Fallon dicampakkan baik dalam urusan asmara maupun pekerjaan. Karena dianggap membahayakan bagi ketenangan masyarakat, Fallon dimutasi menjadi bagian barang bukti, tak lagi turun ke lapangan. 

Problem tersebut membuat Fallon melampiaskan kesepiannya pada makanan dan minuman tidak sehat. Berat badannya naik sampai lebih dari 100 kilogram.

Meski bertubuh gemuk, Fallon tetap memegang prinsip kebaikan yang sama. Dia pun mulai mementingkan keselamatan orang lain, meski masih ngotot menaklukkan pelaku kriminalitas. 

Kesempatannya memperbaiki diri datang, ketika Fallon bertugas mengekstradisi tersangka dari Hong Kong ke Jepang. Masalahnya, si tersangka ternyata menyimpan misteri kejahatan narkotika. , menunjukkan kelemahan-kelemahan penegak hukum negara tetangganya, sekaligus membuktikan cinta sejatinya pada Chloe. 

Dengan porsi pas antar adegan-adegan konyol dan action kung fu serta aliran beladiri lainnya, "Enter The Fat Dragon" mampu menjadi pilihan menghibur bagi khususnya penggemar sinema Hong Kong, termasuk fans Donnie Yen atau Bruce Lee. 

Penggambaran atas hubungan masyarakat Hong Kong - Jepang, perilaku polisi, dan kerja artis biasa, serta krisis menuju dewasa, akan menjadi bahan lelucon  dan sindiran yang cocok untuk penonton berusia 17 tahun ke atas.