Kedai Kopi Ini Punya Menu Andalan yang Bikin Kangen

• Thursday, 23 Jan 2020 - 22:18 WIB

JAKARTA - Saat ini kedai kopi bertebaran dimana-mana, dengan menu andalan yang bermacam-macam, membuat pengunjung balik lagi untuk mencobanya, apalagi di kota besar, tak sampai 10 meter bisa ada dua atau lebih kedai kopi yang buka.  Konsep dari kedainya pun bermacam-macam, ada yang hanya mendirikan booth, kafe, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan, kegemaran orang Indonesia untuk meminum kopi.

Menurut Katadata, Indonesia masuk kedalam daftar Negara yang mengkonsumsi kopi terbesar didunia pada  tahun 2016 sampai 2017. Kegemaran minum kopi seakan menjadi Lifestyle untuk orang zaman sekarang, sering sekali terlihat, kopi dinikmati sambil melakukan aktivitas.

Secara tidak langsung, aktivitas yang padat menuntut untuk selalu terjaga, salah satu caranya adalah minum kopi. Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat membantu untuk selalu terjaga, menjaga fokus, dan meningkatkan performa.

Disamping itu, kopi juga bisa dijadikan teman nongkrong. Acara kumpul bersama kerabat, partner kerja atau keluarga tak jarang ditemani secangkir kopi dan obrolan hangat yang memakan waktu berjam-jam, maka dari itu, banyak kedai kopi yang menggunakan konsep tempat nongkrong dengan segala fasilitas, seperti Wifi, smoking area, dan lain sebagainya.

Wifi yang disediakan kedai kopi memenuhi kebutuhan orang untuk selalu terhubung. Tren unggah di sosial media menjadi slah satu alasan kedai kopi menyediakan fasilitas ini, belum lagi banyaknya teman yang sering swafoto di kedai kopi, dan memfoto kopi yang dipesannya, secara tidak langsung menstimulus untuk melakukan hal serupa.

Kegiatan memfoto sebelum meminum sudah menjadi hal yang biasa dijumpai, tapi hal tersebut bukan masalah,  karena pada akhirnya, kopi tersebut tetap diminum. Setiap kedai kopi, memiliki minuman andalan yang dibanggakan, seperti es kopi pokat dari Janji jiwa, iced aren latte dari Fore, dan Brown Sugar Milk Bobba, Rajo Bandar, Cold Brew dari kisah kopi.

Ditemui, di kedai Kisah Kopi, Jl Kendal No 1, Menteng, Jakarta Pusat, Wisnu Albaihaqi, selaku manager Kisah Kopi, menyatakan, “Selain menjual kopi, Kisah kopi juga menjadikan kedainya untuk tempat nongkrong, tempat mengerjakan tugas, dan lain sebagainya, tergantung tamu yang datang, biasanya orang kantoran, anak kuliah, atau komunitas”.

Wisnu juga mengungkapkan, berdasarkan website resminya, kisahkopi.net, Kisah Kopi memiliki menu andalan yang digemari dan bikin kangen, yaitu Brown Sugar Milk Bobba, Rajo Bandar, dan Cold Brew. "Masing-masing dari minuman tersebut memiliki cita rasa dan bahan yang yang berbeda-beda”, ujar Wisnu.

Brown Sugar Milk Bobba adalah minuman dengan campuran susu, dan brown sugar yang munggugah selera, Wisnu Menjelaskan , “Brown Sugar Milk Bobba terbuat dari pasteurized milk, dengan tambahan palm sugar dan brown sugar untuk topping-nya”.

Rajo Bandar terbuat dari espresso, susu, dan coconut syrup yang menyegarkan, “Rajo Bandar memakai Espresso Tinture, lalu ditambahkan Pasteurized Milk, Rome Fregrant Syrup, dan Coconut Syrup”, Penjelasan Wisnu ketika diwawancara.

Cold Brew juga menjadi salah satu menu andalan dari Kisah Kopi, Wisnu menjelaskan, “Bahan baku Cold Brew Single Origin Natural Proses, dengan rasa yang di hasilkan, Cherry , Red Apple, Smokey”,  bisa ditebak, rasanya sedikit unik karena cita rasa cherry dan red apple.

Wisnu menambakan, Ayah Man juga menjadi menu yang digemari pengunjung, Walaupun tidak terlalu berbeda dengan Rajo Bandar “isinya sama seperti yang ada di Rajo Bandar, Cuman, bedanya ditambahkan Butterscotch”.

Selain menjual kopi dan minuman lain, melalui laman Kisah Kopi @officialkisahkopi, juga mengadakan Barista Academy untuk para pecinta kopi, belajar menjadi Barista professional, kelasnya bisa untuk pemula, karena akan diajari dari dasar, sejarah dan kebudayaan kopi, karakter dari kopi, dan sensory basic foundation, kemudian, ke kelas praktek, Manual Brewing Method, Latte art, dan diakhiri dengan fun brewing.