Gubernur Jatim Pimpin Penyambutan Jenasah Gus Sholah di Bandara Juanda

• Monday, 3 Feb 2020 - 10:50 WIB

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan memimpin penyambutan jenazah KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) yang juga tokoh NU saat tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo hari ini.

Plt Kepala Biro Humas dan Protokol  Pemprop Jatim Aries Agung Paewai mengatakan, Gubernur akan menyiapkan waktu khusus pada hari ini, sebagai penghormatan bagi almarhum dengan memimpin penyambutan di Bandara Juanda, dan mengantar sampai Pondok Pesantren Tebu Ireng. Gubernur juga akan mengikuti semua prosesi pemakaman yang akan berlangsung sore nanti. Diperkirakan jenasah akan tiba sekitar pukul 12.00 WIB.

 "Ibu Gubernur akan secara khusus menyambut jenazah Gus Sholah dan juga keluarga yang menyertainya di bandara. Selain itu Ibu Gubernur juga akan mengikuti semua prosesi hingga almarhum dimakamkan," ujar Plt Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim Aries Agung Paewai.

Setelah disemayamkan di rumah duka di Jakarta Selatan, jenazah Gus Sholah diterbangkan ke Jombang, Jawa Timur, melalui Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 10.00 WIB, Senin.

Jenazah diterbangkan menggunakan pesawat Batik Air dengan special flight dari Halim Perdana Kusuma dan dijadwalkan tiba di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo sekitar pukul 11.30 WIB.

Penyambutan tidak hanya dilakukan oleh Gubernur Jatim. Jajaran badan otonom NU dan tokoh tokoh ulama lintas agama saat ini juga sudah berada di Bandara Internasional Juanda.

Jenazah diperkirakan tiba di Jombang, Jawa Timur, sekitar pukul 14.00 WIB.

"Setelah menyambut jenazah, Ibu Gubernur juga menghadiri langsung pemakaman Gus Sholah di Tebuireng," kata Aries yang saat ini menjabat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim tersebut.

Rencananya jenazah Gus Sholah akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng sekitar pukul 16.00 WIB.

Gus Sholah, tutup usia setelah sempat kritis dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta, pukul 20.55 WIB, Minggu.

Putra Gus Sholah, Irfan Wahid mengemukakan bahwa ayahnya mengalami komplikasi sakit jantung setelah sempat menjalani perawatan di RS Harapan Kita.

"Ada masalah di jantung, ada cairan di selaput jantung dan dioperasi pada Jumat (31/1) itu," kata Ipang Wahid, sapaan akrabnya.

Gus Sholah adalah adik kandung dari Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang juga pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.

Gus Sholah lahir di Jombang, 11 September 1942 dan menghembuskan nafas terakhir pada usia 77 Tahun. (Hermawan)