Gus Sholah Wafat, Ponpes Tebuireng Akan Dipimpin Gus Kikin

• Monday, 3 Feb 2020 - 11:28 WIB
(foto: iNews.id/Muhtar)

JOMBANG - KH Abdul Hakim Mahfudz atau yang akrab disapa Gus Kikin, akan memimpin Pondok Pesantren (ponpes) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur (Jatim), pasca-meninggalnya KH Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah merupakan pimpinan sejak 2006.

“Sebelum Gus Sholah meninggal, di Tebuireng ini ada mekanisme yakni sudah menunjuk wakil pengasuh yakni Gus Kikin,” kata Pengasuh Pesantren Putri Tebuireng, KH Fahmi Amrullah, seperti dilansir dari iNews.id, Senin (3/2/2020)

Sementara terkait siapa nanti yang akan membantu Gus Kikin, menurut Fahmi, akan menunggu musyawarah keluarga. Di Tebuireng ada majelis keluarga yang sebelumnya dibentuk Gus Sholah untuk membantu memberikan masukan terhadap kepemimpinan ponpes.

“Semoga mekanisme ini nanti jalan tanpa hambatan,” katanya.

Fahmi mengatakan, majelis keluarga ini terdiri dari sembilan orang yang mewakili putra-putri Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy'ari.

“Nanti majelis keluarga yang akan menentukan, tentu dengan masukan-masukan dari yang lain,” pungkasnya.

Sebagai informasi, cucu pendiri Nahdatul Ulama sekaligus putra pahlawan nasional Kyai Wahid Hasyim, KH. Salahuddin Wahid menghembuskan napas terakhir di usia 78 tahun pada Minggu malam sekitar pukul 20.59 WIB, serelah menjalani perawatan di RS Harapan Kita Jakarta.

Ulama dan cendekiawan yang juga adik Presiden Ke-4 Republik Indonesia KH. Abdurrahman Wahid ini rencananya akan dimakamkan di kompleks Ponpes Tebu Ireng pada Senin sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Sebelum dimakamkan rencananya, jenazah Gus Sholah akan disalatkan dan disemayamkan di masjid kompleks Ponpes Tebuireng selama dua jam.

(wal)

( Sumber : Okezone.com )