PSSI Apresiasi Dukungan Pemkot Surabaya Untuk Piala Dunia U-20 Tahun  2021

• Monday, 10 Feb 2020 - 13:09 WIB

Surabaya - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengapresiasi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang menunjukkan komitmen serius sebagai calon tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Pernyataan itu disampaikan Iriawan saat berkunjung ke rumah dinas Walikota Surabaya, Senin (10/2/2020)  dan bersama-sama melakukan inspeksi lapangan ke Stadion Utama Gelora Bung Tomo.

“Menjadi tuan rumah Piala Dunia adalah event membanggakan bangsa kita yang belum tentu terulang lagi puluhan tahun ke depan. Kami sangat menghargai pemerintah daerah yang bersungguh-sungguh mempersiapkan diri untuk menjadi salah satu ‘host cities’ Piala Dunia U-20 2021,” kata Iriawan.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Risma memaparkan dukungan konkret pemerintah kota Surabaya, seperti penambahan akses jalan menuju Gelora Bung Tomo, penggantian rumput, lampu penerangan, serta perbaikan lift penumpang dan barang.

“Sejak akhir tahun lalu, kami juga membangun tiga lapangan latihan di sisi utara Gelora Bung Tomo. Nantinya, usai Piala Dunia, lapangan ini bisa dipakai latihan Sekolah Sepak Bola (SSB) di Surabaya,” kata Risma. Ia menyampaikan, Surabaya memiliki 89 SSB yang tersebar di berbagai pelosok kota. Untuk penggantian rumput berjenis ‘zoysia japonica’ diperlukan anggaran Rp 4 miliar per lapangan. “Padahal, kami melakukannya untuk empat lapangan sekaligus,” jelas Risma.

“Impian saya, akan lahir bakat-bakat muda, Supriadi-Supriadi baru. Bermula menjadi anak gawang yang ikut Piala Dunia dengan menggandeng pemain-pemain negara peserta, dari situ mimpi mereka terbangun,” ungkap Risma.

Di Gelora Bung Tomo, Risma mengajak Iriawan meninjau bakal lapangan latihan, kamar ganti, hingga naik ke royal box bagian atas stadion. Kedua tokoh ini bahkan sempat saling mengoper bola di lapangan hijau.

“Stadion ini sudah sangat bagus. Tinggal perbaikan-perbaikan kecil di beberapa sisi, misalnya ketersediaan ruang ganti dengan jacuzzi untuk pemulihan pemain,” kata Iriawan.

PSSI menekankan, pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kota dan kabupaten, diharapkan dapat aktif bergerak ‘menjemput bola’ serta memberikan respon maksimal dalam membantu PSSI menyiapkan semua persyaratan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

“Dukungan optimal dari pemerintah daerah adalah salah satu poin penting sehingga sebuah kota akan kami pilih sebagai salah satu dari enam ‘host cities’ Piala Dunia U-20 2021,” kata Iriawan. (Hermawan)