ITS Kembangkan Kerjasama Pendidikan Dengan Sesko TNI

• Monday, 17 Feb 2020 - 16:13 WIB

Surabaya - Sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berupaya memperkokoh hubungan kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI) dalam bidang pendidikan serta pertahanan dan keamanan yang ditandai lewat penandatanganan nota kesepahaman di Gedung Rektorat ITS, Senin (17/2).

Penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tersebut bukan kali pertama dilakukan oleh ITS. Pada kesempatan ini, ITS menggandeng Sesko TNI untuk memperkuat relasi dalam urusan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Direktur Kerja Sama Akademik Sekolah (Dirkersamik) Sesko TNI Marsekal Pertama TNI Firdaus Syamsyudin SIP menjelaskan bahwa perjanjian antara ITS dan Sesko TNI ini berfokus pada tiga poin. Pertama, kerja sama tersebut terimplementasi dalam bentuk penyesuaian kurikulum guna menyetarakan kurikulum pendidikan Sesko TNI dan ITS. Adanya perjanjian ini membuka peluang bagi lulusan Sesko TNI untuk bisa bergabung dengan sekolah pascasarjana ITS.

Tidak hanya dalam bidang pendidikan, poin kedua yang ditekankan dalam MoU ini adalah perjanjian dalam hal penelitian. “Apa yang kita punya dan apa yang ITS punya, kita kombinasikan untuk penelitian,” tutur Firdaus. Kemudian, poin ketiga adalah bekerja sama dalam hal pengabdian masyarakat.

Sesko TNI sendiri, menurut Firdaus, selalu bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) setiap tahunnya, dengan salah satu syarat utama bahwa PTN harus terakreditasi A. Tahun ini, Sesko TNI menunjuk ITS sebagai PTN yang telah dianugerahi gelar akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), untuk menjadi kolega dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang terdepan.

Sementara itu, Rektor ITS Mochamad Ashari membeberkan bahwa Sesko TNI adalah sekolah keempat dari sekolah-sekolah akademi dasar yang telah diajak bekerja sama oleh ITS. Sebelumnya ITS juga sudah bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL).

Lelaki berkaca mata itu mengaku bahwa menjalin hubungan kerja sama dengan Sesko TNI merupakan sebuah kehormatan bagi ITS. “Kami juga ingin apabila Sesko TNI dan ITS bisa bersingergi tidak hanya dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, tetapi lebih lanjut ke depannya juga untuk mencetak generasi muda,” tutur rektor yang akrab disapa Ashari ini.

Baik pihak Sesko TNI dan ITS berharap, agar MoU ini bisa mengantar mereka dalam menghasilkan SDM berpendidikan maksimal secara keseluruhan yang siap menghadapi tantangan bangsa dan negara. “Untuk penyetaraan atau penyamaan kurikulum dan seterusnya, saya rasa Sesko TNI dan ITS sangat kompak. Siap kita bersama-sama untuk mencetak SDM unggul Indonesia, dalam hal ini adalah TNI dan ITS,” tandas guru besar Teknik Elektro ini. (Hermawan)