Antisipasi Rusuh, Laga Final Piala Gubernur Jatim Persebaya Vs Persija Dipindah ke Sidoarjo

• Wednesday, 19 Feb 2020 - 16:09 WIB
Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan saat memberikan keterangan terkait lokasi laga final Piala Gubernur Jatim 2020. (Foto: iNews/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA – Laga final Piala Gubernur Jatim 2020 antara Persebaya dan Persija dipindahkan dari Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jawa Timur (Jatim) ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2/2020). Laga puncak ini akan digelar pukul 15.30 WIB dan disiarkan langsung MNCTV.

Keputusan venue final Piala Gubernur ini ini berdasarkan rapat koordinasi terbatas antara TNI-Polri, PSSI, Panpel Pertandingan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dan perwakilan menejemen kedua kesebelasan di Polda Jatim, Rabu (19/2/2020).

“Kami barusan rapat dengan instansi terkait. Untuk kejadian kemarin tidak terulang, tadi diputuskan tempat pertandingan final ada di Sidoarjo (Stadion Gelora Delta),” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan.

Atas keputusan ini, sore nanti, lanjut Luki, sejumlah instansi terkait akan menggelar rapat teknis tentang pelaksanaan pertandingan besok. “Kita juga berharap kejadian (kerusuhan di Blitar) tidak terulang. Sebab, kita tahu antara Persebaya dan Persija punya sejarah (permusuhan),” katanya.

Sekretaris PSSI Asprov Jatim, Amir Burhanudin mengatakan, selain lokasi, jadwal kick off partai final juga akan dimajukan. Dari semula malam hari diubah sore hari pukul 15.30 WIB. Perubahan jadwal tersebut dilakukan atas pertimbangan keamanan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan televisi pemegang hak siar (MNCTV). Tadi malam, seluruh perlengkapan broadcast sudah digeser dari Blitar ke Sidoarjo,” katanya.

Diketahui, semula laga final Piala Gubernur Jatim 2020 akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Namun, karena insiden kerusuhan di Blitar kemarin, laga akhirnya dipindahkah ke Sidoarjo.

Keputusan ini dilakukan atas pertimbangan keamanan. Apalagi, stadion GBT juga tengah disiapkan sebagai calon venue piala dunia U-20.

Editor : Umaya Khusniah

( Sumber : iNews.id)