Bimtek, LPDB-KUMKM Ajarkan Koperasi Bikin Proposal Yang Benar

• Saturday, 29 Feb 2020 - 22:38 WIB

Yogyakarta - Masih banyaknya proposal pembiayaan dana bergulir yang ditolak, membuat Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menggelar Bimbingan Teknis Pembiayaan Dana Bergulir Syariah di Kota Yogyakarta.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 21 koperasi terpilih yang antusias mengikuti bimtek dari LPDB-KUMKM. Harapannya agar bertambah banyak koperasi yang sudah paham kriteria dan persyaratan pengajuan proposal kepada LPDB-KUMKM.

"Karena dari pengalaman saya coaching tahun lalu di Yogyakarta juga, dari 8 koperasi yang berpotensi menjadi mitra kami, empat proposal di antaranya tidak disetujui," ujar Direktur Pembiayaan Syariah LPDB-KIMKM Fitri Rinaldi.

Sebenarnya, permasalahan ada pada kelembagaan koperasi tersebut, di mana proses perubahan statusnya dari Koperasi Serba Usaha menjadi KSPPS belum rampung. Serta masalah tingkat Non Performing Financing (NPF/pembiayaan bermasalah) yang tinggi. 

Karena itu, lanjut Rinaldi, mereka akan semakin sering menyambangi koperasi yang berpotensi menjadi mitra, untuk diberikan bimbingan. “Sehingga, koperasi yang kami sasar, bisa memenuhi kriteria dan persyaratan LPDB-KUMKM. Dampaknya, proses persetujuan menjadi lebih cepat yang pada akhirnya target kami tahun ini lebih cepat tercapai," kata Rinaldi

Sebagaimana diketahui, tahun ini LPDB-KUMKM menargetkan penyaluran dana bergulir sebanyak Rp1,85 triliun. Dari nilai tersebut, porsi pembiayaan syariah sebanyak 45 persen atau sebanyak Rp832,5 miliar dan sisanya untuk pembiayaan konvensional. Seluruh penyaluran dana bergulir tersebut 100 persen akan disalurkan ke koperasi seluruh Indonesia.

Menurut Rinaldi, menjelang bulan puasa dan lebaran adalah momen yang tepat untuk menjemput bola. Karena dipastikan UKM membutuhkan dana untuk meningkatkan produksi lalu mengambil pembiayaan di koperasi.

"Target kami tiga bulan pertama ada pengajuan dana bergulir sebanyak Rp250 miliar yang disetujui. Jadi di November nanti saya maunya tidak bicara lagi tentang penyaluran, tapi soal evaluasi dana bergulir di 2021," tutup Rinaldi. (ANP)