PLN Bangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Pertama di Jatim

• Monday, 2 Mar 2020 - 08:41 WIB

Surabaya - Perusahaan Listrik Negara (PLN) mulai mengoperasikan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di wilayah Jawa Timur.

Menurut General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jatim, Bob Saril, pihaknya memang baru menyediakan satu unit SPKLU yang nilai investasinya hanya sekitar Rp600 juta tersebut. 

"Jumlah kendaraan listrik yang beroperasi masih belum banyak. Kalau saat ini kita sediakan banyak SPKLU, tentu saja akan sia-sia saja," ujarnya

Seiring dengan pengoperasian tersebut, kini jumlah kota di Indonesia yang memiliki SPKLU untuk mensupport kendaraan ramah lingkungan itu semakin bertambah. Sebelumnya, SPKLU sudah resmi dioperasikan PLN di sejumlah kota seperti Jakarta, Bandung, dan Bali.

Dalam rangka mensosialisasikan tempat pengisian listrik baru tersebut, pihaknya menyediakan layanan gratis untuk kendaraan yang melakukan pengisian listrik di lokasi tersebut. 

"Kita akan lihat animonya dulu. Kalau sudah mulai banyak yang menggunakan, tentu akan kita kenakan biaya," ujarnya.

Pihaknya berharap, pemerintah mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan dengan cara membantu pengadaan mobil listrik murah. Saat ini, kata Bob Saril harga kendaraan berbahan bakar listrik memang masih sangat mahal, sehingga tidak semua orang bisa memilikinya.

Ungkapan senada disampaikan kalangan akademisi yang ikut hadir dalam persemian tersebut. Menurut Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi , Kerjasama dan Kealumnian ITS, Bambang Pramujati, harga mobil listrik keluaran Toyota bahkan masih mencapai Rp1 miliaran.

Untuk menekan harga jual mobil listrik, pihaknya sedang berupaya mengembangkan berbagai hal, agar jenis kendaraan seperti ini semakin banyak digunakan masyarakat. 

"Kendaraan listrik itu kendalanya pada harga battery yang mahal. Kita juga akan mendorong pemerintah agar Indonesia bisa memproduksi sendiri," ujarnya. (Hermawan)