Pelaku Usaha Dituntut Kreatif, Inovatif dan Perbanyak Relasi

• Thursday, 5 Mar 2020 - 22:22 WIB

JAKARTA - Untuk menjadi seorang wirausahawan dituntut selalu melakukan inovasi, kreatif serta memiliki pemikiran baru untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Bahkan, agar sukses menjadi seorang wirausaha juga harus memiliki sifat jujur (trust).

Hal itu dikatakan Asisten Deputi Kewirausahaan pada Deputi bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkop dan UKM Nasrun Siagian, saat diskusi publik dengan tema "Kewirausahaan, Permodalan, Permasalahan dan Solusi bagi UMKM" yang diselenggarakan oleh Forum Jurnalis Online, di gedung Smesco Indonesia, kamis (5/3/2020).

"Seorang wirausaha harus memiliki jiwa kejujuran, dengan kejujuran maka orang akan percaya. Selain itu juga harus diperbanyak silturahmi," kata Nasrun Siagian.

Ia menambahkan, kualitas SDM juga harus unggul, sehingga tercipta inovasi-inovasi baru terkait produk yang dihasilkan. Supaya para wirausahawan lebih kuat, Nasrun Siagian menyarankan para wirausahawan lebih baik berkoperasi. 

Sementara itu, ditempat yang sama,  Founder sekaligus CEO Baqoel, Dian Arinova memperkenalkan usaha yang ia jalani. Ia ingin mendorong wirausaha menjadi pengusaha sesuai dengan keahliannya.

Baqoel adalah perusahaan pensuplay para UMKM terkait kebutuhan usaha yang dijalani senilai minimal Rp 300 ribu dan bebas onkos kirim. "Kami menyediakan bahan baku apapun ada dan pembayaran bisa COD," kata Dian Arinova.

Saat ini usahanya masih melayani wilayah Jabodetabek. Ia berharap ke depan dapat memperluas usahanya ke wilayah-wilayah lain.

"Baqoel juga menyiapkan bantuan untuk brand, labeling, packaging, permodalan dan lain-lain," jelas Dian. 

Sedangkan CEO Sunchila Dwi Afrilina menjelaskan tentang perusahaannya yang merupakan perusahaan suplier online berbagai barang, seperti sepatu, fashion, peralatan rumah tangga, acessoris dna lain-lain. 

"Semua barang itu dijual lebih murah karena dijual secara grosir, per item minimal 3 piece," ujar Dwi Afrilina. 

Untuk masyarakat yang ingin membeli barang-barang impor di Sunchila, silahkan kunjungi web www.sunchila.com. (ANP)