Mandiri 8th Annual Sungaliat Triathlon akan Kembali Digelar pada April 2020

• Sunday, 8 Mar 2020 - 10:06 WIB
Press conference 8th Annual Sungaliat Triathlon 2020 di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020). (Foto : Maulidinaaafzr)

JAKARTA – Kekayaan alam provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi magnet yang potensial untuk menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Data dari Dinas Pariwisata Babel menyebutkan selama enam tahun terakhir jumlah kunjungan wisata terus meningkat. Potensi pariwisata tersebut terus digaungkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel untuk meningkatkan perekonomian daerah. Salah satu event pariwisata Babel adalah Sungaliat Triathlon yang termasuk dalam 100 atraksi lolos masuk Calender Of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2020.

Untuk kedelapan kalinya, Mandiri 8th Sungaliat Triathlon 2020 akan kembali digelar pada sabtu, 11 April 2020 di Tanjung Pesona, Kabupaten Bangka dan menargetkan total 500 peserta dari 18 negara. Peserta yang dapat mengikuti kegiatan ini pun tidak hanya dari kalangan atlet melainkan juga pecinta olahraga dari berbagai latar belakang profesi. Sesuai dengan objektifnya mempromosikan pariwisata Bangka, kegiatan Mandiri 8th Sungaliat Triathlon 2020 akan dipusatkan di Tanjung Pesona. Sepanjang area tersebut para peserta akan dimanjakan oleh hamparan pantai dengan pemandangan yang indah.

Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan usai menghadiri press conference di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (6/2/2020). (Foto : Maulidinaaafzr)

“Mandiri 8th Sungaliat Triathlon 2020 merupakan salah satu event spot tourism tahunan terbesar di provinsi Bebel yang memiliki keunikannya sendiri. Keunikan inilah yang diharapkan dapat mengangkat dan mempromosikan kekayaan budaya lokal sehingga dapat memacu industri pariwisata dan perekonomian Provinsi Babel dan sekitarnya. Mudah-mudahan kedepannya akan ada banyak lagi event-event besar kepariwisataan serupa”. Ujar Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan usai menghadiri press conference di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (6/2/2020).

Perhelatan Mandiri 8th Sungaliat Triathlon 2020 akan mempertandingkan dua cabang olahraga yakni triathlon dan duathlon. Para peserta nantinya akan memulai dengan start di Tanjung Pesona yang melintasi jalan pantai Rebo – Jl.Puri Triagung – Jl. ST. 12 – Jl Jenderal Sudirman, kembali lagi ke jalan pantai Rebo lalu akhirnya finish di Tanjung Pesona.

Adapun cabang olahraga triathlon tahun ini akan mempertandingkan tiga kategori yang dibagi berdasarkan jarak tempuh yaitu standart distance (renang 1,5 km, sepeda 40km dan lari 10km), Standart distance relay (renang 1,5 km, sepeda 40km dan lari 10km), dan sprint distance (renang 0,75km, sepeda 20km dan lari 5km). Sedangkan cabang olahraga duathlon akan mempertandingkan kategori spint distance dengan jarak tempuh sepeda 20km dan lari 5km.

Registrasi Mandiri 8th Sungaliat Triathlon 2020 telah dibuka sejak 24 Februari – 11 April 2020. Bagi para calon peserta yang berminat bisa melakukan pendaftaran langsung di https://sungailiat-triathlon.com/.  

(Mauli)