Ilmuwan Inggris Apresiasi Presiden Jokowi Libatkan Generasi Milenial dalam Kabinet

• Sunday, 8 Mar 2020 - 23:04 WIB

LONDON – Para ilmuwan di Chatham House, London, Inggris terkesan dengan pola pemerintahan yang diterapkan oleh Presiden Jokowi.

Menurut Staf Khusus Presiden RI asal Papua, Billy Mambrasar, gebrakan yang membuat para ilmuwan tersebut kagum adalah soal pelibatan generasi milenial dalam pemerintahan Jokowi.

“Bahkan mereka menilai hal demikian dapat membuat Indonesia mengalami kemajuan yang luar biasa,” ujarnya.

Baru-baru ini Billy diundang pihak Chatam House untuk berbicara mengenai konsep pembangunan berbasis Pemuda. Chatham House sendiri merupakan lembaga kajian kelas dunia dengan penasihat langsungnya adalah Ratu Elizabet.

Pujian tersebut disampaikan setelah pihak Chatam House mendengarkan pemaparan Billy soal konsep Capital Shared Value, atau berbagi nilai bersama.

Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar saat memberikan pemaparan materi soal keterlibatan anak muda dalam ekonomi pembangunan Indonesia di Chatham House, London, Inggris (pribadi)

“Ini adalah sebuah konsep pembangunan berkelanjutan, yang tidak melihat anak-anak muda sebagai penonton dan penerima manfaat saja. Akan tetapi juga pelaku pembangunan itu sendiri,” kata Billy.

Junyan Chen, salah satu ilmuwan yang hadir pun memberikan apresiasi penuh kepada pemerintahan Jokowi. 

“Kami Mengapresiasi karena Jokowi telah mendorong pelibatan Milenial dalam pembangunan dengan menunjuk beberapa orang menteri, wakil menteri, dan Staf Khususnya,” katanya.

Junyan Chen bersama Dr. Chris Chaplin dan 2 orang peneliti lainnya dari Chatham House telah melakukan kajian-kajian akademis tentang Indonesia.

Dalam pertemuan itu, Billy juga memaparkan deretan prestasi yang telah diraih oleh anak muda Indonesia, termasuk Milenials Papua. Kata dia, hal ini dapat mematahkan pandangan dan stigma negatif soal anak muda Indonesia khususnya Papua.

“Ini turut membawa narasi baru bahwa Anak-anak Muda Indonesia, khususnya Papua, dapat bersanding dan bersaing sejajar dengan Pemuda dan Pemudi lain di level internasional” ujarnya.

Dalam pemaparannya, staff khusus bidang milenial dan inovasi ini juga menggunakan data dan informasi dari perkembangan pemuda dan pelibatannya dalam pembangunan Papua dan Papua Barat.

“Data dari Badan Pusat Statistik menyatakan terjadi peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia, dan juga beberapa data lain menunjukkan karya dan prestasi anak-anak muda Papua di Level Nasional dan Internasional,” katanya. (ANP)