DPRD DKI Minta Pemerintah Gratiskan Tes Virus Corona

• Tuesday, 17 Mar 2020 - 14:02 WIB
Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani mengimbau kepada Pemprov DKI untuk berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk membebaskan biaya bagi masyarakat yang hendak menjalani tes virus corona (Covid-19) di rumah sakit.

Ia mengaku banyak mendapatkan keluhan dari masyarakat ihwal yang merasa kesulitan untuk melakukan tes Covid-19. Sebab, mereka memikirkan bagaiamana cara untuk membayar hasil laboratoriumnya nanti.

"Kalau sekarang, kan tes mesti sulit, hanya di sepuluh tempat saja, bahkan beberapa waktu belakangan hanya di Litbangkes Jakarta. Mestinya, sudah ada tes gratis yang lebih proaktif, yang datangi wilayah terindikasi, semua orang bisa datang. Penanganan pun dapat segera dilakukan sebelum penularannya bertambah parah,” kata Zita di Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Menurut dia, yang sekarang mengkhawatirkan ialah penyebaran virus corona semakin tidak terdeteksi dengan baik.

"Sekarang, ditemukan juga penyebaran dari orang yang tidak memperlihatkan gejala. Memang, buat tahu orang ini kena atau tidak harus melalui tes. Bahaya sekali bila tidak diketahui, kita pun makin-makin tidak dapat kepastian," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk menangani perkembangan penularan virus Corona. Salah satunya, dengan mengajukan laboratorium uji tidak terpusat sebagai laboratorium pendamping pemeriksaan COVID-19.

Tujuan pengajuan laboratorium uji dilakukan agar proses pengujian dan langkah-langkah selanjutnya dapat dilakukan lebih cepat. Sebab, bila pengujian memerlukan waktu yang lama, dalam masa itu pula pribadi-pribadi ini sudah berinteraksi dengan begitu banyak orang sehingga penyebaran bisa saja terjadi.

Selain itu, laboratorium uji yang diusulkan Pemprov DKI akan merilis data perkembangan secara berkala untuk menjaga prinsip transparansi dalam penyebaran virus corona di wilayah DKI. Sebab, Pemprov DKI perlu mengetahui siapa saja dan di mana saja sebaran virus tersebut, sehingga dapat langsung melakukan tracking.

 

(kha)

Sumber: Okezone.com