Wakil Ketua Komisi III Dorong Pemerintah Tetapkan Kebijakan Satu Pintu Masuk dan Keluar Indonesia

• Tuesday, 17 Mar 2020 - 16:13 WIB

Jakarta - Menyikapi penyebaran virus corona yang semakin mengkhawatirkan, Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni menyarankan pemerintah menerapkan kebijakan satu pintu untuk akses masuk dan keluar Indonesia. Menurut politisi dari Partai NasDem ini kebijakan tersebut bisa diterapkan dengan menetapkan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten sebagai satu-satunya akses bagi orang yang ingin masuk atau keluar Indonesia. Ia pun mendorong pemerintah untuk lebih tegas menetapkan kebijakan penutupan penerbangan dari dan ke negara-negara yang memiliki angka infeksi virus corona yang tinggi.

Ahmad Sahroni menambahkan, proses penjagaan di bandara harus semakin diperketat jika Indonesia masih menerima penerbangan yang datang dari luar negeri. Selain itu dibutuhkan pelibatan personel dari TNI dan Polri di bandara untuk pemeriksaan dan pencegahan ekstra bagi para pengunjung yang hendak masuk ke Indonesia.

Tak lupa ayah dua anak ini juga meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan langkah isolasi atau lockdown untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran COVID-19. Hal ini sesuai dengan pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebut bahwa sebagian besar pasien positif COVID-19 berada di Jakarta. Dia mencontohkan sejumlah negara yang mengambil kebijakan untuk me-lockdown beberapa daerahnya untuk memperlambat laju penyebaran Corona. 

Hal tersebut dilakukan China yang langsung menerapkan kebijakan lockdown di Wuhan ketika angka positifnya masih di kisaran 400 orang. Kini angka penyebaran Corona di China sudah menurun sampai satu persen.

"Di sisi lain ada juga Italia yang baru lockdown setelah angka positif COVID-19 sudah mencapai ribuan dan penyebaran virus makin susah dikendalikan. Mumpung angka kasus positif kita masih puluhan, lockdown harus segera dilakukan," tandasnya.

Sementara itu dalam kaitannya sebagai wakil rakyat, Ahmad Sahroni belum lama ini dinobatkan sebagai anggota parlemen Making News Person pada malam Anugerah Teropong Parlemen Award (TPA) 2020.

Berdasarkan penilaian, Ahmad Sahroni menjadi salah satu anggota DPR RI periode 2019-2024 yang paling menarik perhatian media, tampil sebagai sosok yang memiliki nilai pemberitaan, serta melontarkan pandangan dan pernyataan yang menarik perhatian publik. Sahroni mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan dan berharap pengakuan ini dapat memotivasi koleganya sesama anggota DPR agar bekerja lebih serius mengemban tugas dan amanah sebagai wakil rakyat.

“Penghargaan ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara media dengan parlemen. Mudah-mudahan penghargaan ini dapat lebih menyemangati dan mendukung kinerja saya dan rekan-rekan di Parlemen lainnya dalam mengemban tugas dan amanah sebagai Wakil rakyat," kata Sahroni. (Ars)