Pemprov Jatim Luncurkan Self Assesments Untuk Deteksi Covid -19 Secara Mandiri

• Thursday, 19 Mar 2020 - 10:19 WIB

Surabaya - Pemprov Jatim meluncurkan website untuk self checkup (cek up mandiri) dalam menangani merebaknya kasus Covid-19. Website ini diharapkan mampu mendeteksi warga yang ingin tahu apakah terkena virus atau tidak.

“Hal ini perlu dilakukan karena saat ini masyarakat berbondong-bondong ke RS,  untuk melakukan tes atau pemeriksaan dan ini adalah langkah awal untuk cek mandiri, dengan menjawab pertanyaan di website itu,” jelas Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, yang saat ini juga menjadi Posko Gugus Tugas Penanganan Covid - 19 Jatim.

Menurut Khofifah pengecekan mandiri  memang tidak secara nyata memeriksa pasien atau masyarakat. 

“Namun dengan dikenali lebih dini dengan menjawab pertanyaan di dalam website, akan membantu secara dini juga apakah seseorang punya gejala klinis Covid-19,” jelas Khofifah lagi.

Diakui juga oleh Gubernur perempuan  pertama di Jatim ini, bahwa teknologi ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Sementara itu pembuat website, Makhyan Jibril Al Farabi menjelaskan,  bahwa operasional website ini sangat mudah.

 “Kita yakin untuk mengoperasikan situs ini sangat mudah dan bisa dilakukan melalui semua smartphone,” jelas Makhyan, lulusan FK Unair, FKUB dan University College London ini.

Masyarakat yang ingin melakukan self checkup (cek up mandiri) bisa langsung mengunjungi laman checkupcovid19.jatimprov.go.id.

“Namun meskipun nantinya hasil dari cek up mandiri ini negatif, masyarakat tetap dihimbau untuk tetap di rumah hingga batas waktu yang sudah ditentukan untuk menghindari resiko terkena virus ini,” pungkas Makhyan. (Hermawan)