Begini Cara Kerja Alat Pendeteksian Corona Yang Lebih Aman

• Monday, 23 Mar 2020 - 14:21 WIB

JAKARTA - Virus Covid-19 atau virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. WHO telah menyatakan virus Corona sebagai pandemi global. Artinya, virus Corona telah menyebar ke hampir seluruh dunia dan akan banyak populasi dunia kemungkinan akan terkena infeksi dari virus ini.

Banyak dan hampir semua fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, perkantoran, bandara, pelabuhan, terminal dan lainnya melakukan regulasi yaitu setiap orang yang masuk harus di cek suhu tubuh menggunakan Thermo Gun yang dilakukan oleh petugas keamanan atau petugas yang berjaga di tempat tersebut, namun apakah dengan cara itu aman untuk semua orang?

Petugas keamanan memiliki resiko tinggi tertular karena Thermo Gun yang digunakan dalam jarak dekat.

Bagaimana dengan kesehatan pengunjung yang diperiksa menggunakan Thermo Gun ? Thermo Gun yang dipakai dalam jarak dekat juga beresiko menularkan virus tersebut dari satu pengunjung ke pengunjung lainnya.

Menyikapi masalah tersebut, produsen brand Security & Surveillance terbaik asal Tiongkok, Hikvision berinovasi untuk menemukan solusi cerdas untuk mencegah penyebaran corona. Menunjuk PT. BIGI Multi Internasional (BIGI.ID) - under PTI Group sebagai mitra penyedia solusi industri keamanan di Indonesia, Hikvision dan BIGI.ID bekerjasama untuk mengenalkan produk inovasi terbarunya.

Presiden Director BIGI.ID, Nicko Christian mengatakan, Smart Solution dari Hikvision yaitu Thermographic Handheld Camera, Kamera thermal genggam, yang dirancang khusus untuk pengukuran suhu tubuh. Dilengkapi dengan Detektor termal resolusi 160 × 120. Membantu mendeteksi demam dengan cepat. Fungsi Thermografi mendeteksi suhu realtime dengan tingkat akurasi ±0.5°C dan menampilkannya di layar.

"Thermographic Handheld Camera ini bisa di letakkan dengan bantuan tripod atau penyangga, sehingga tidak perlu membutuhkan bantuan orang untuk menggenggamnya dan dapat mendeteksi dengan jarak deteksi antara 0.8 m - 1.5 m sehingga meminimalisir resiko penularan terhadap petugas keamanan maupun pengunjung lainnya. Sangat direkomendasikan untuk digunakan pada pintu masuk shopping mall, rumah sakit, sekolah, perkantoran, bandara, pelabuhan, terminal, stasiun, tempat ibadah, dan fasilitas umum lainnya," katanya.

Menurutnya, selain teknologi diatas, Thermographic Handheld Camera dilengkapi dengan kartu memori untuk menyimpan foto yang direkam dan data penting yang dapat digunakan langsung tanpa perlu instalasi khusus (no installation needed).

"Terlihat jelas bagaimana Hikvision mengutamakan keamanan dan keselamatan disaat banyak orang masih memburu Thermo Gun konvensional yang nyatanya tidak terlalu aman, adanya alat Thermographic Handheld Camera ini memberikan kemanan dan pencegahan maksimal di tengah maraknya penyebaran virus ini. Cegah corona dengan solusi cerdas!," tegas Nicko. (ANP)