Jenazah Pasien Covid-19 Mengalami Penolakan Saat Akan Dimakamkan

• Thursday, 26 Mar 2020 - 14:40 WIB

Sidoarjo - Satu pasien positif Covid -19 asal Sedati Sidoarajo, Rabu (25/3/2020) meninggal dunia di salah satu RS swasta di Sidoarjo.

Menurut keluarga, pasien tersebut sempat dinyatakan PDP, dan setelah dilakukan observasi lanjutan dipastikan positif covid -19. Kemudian kondisinya terus menurun selama berada di ruang isolasi hingga kemudian meninggal dunia.

Berdasarkan keterangan keluarga, selain positif covid -19, pasien juga mempunyai penyakit bawaan yaitu diabetes.

Persoalan muncul takkala proses pemakaman akan dilakukan. Keluarga mengatakan ada penolakan saat almarhum akan dimakamkan di kawasan Sedati, karena kekhawatiran warga akan tertular meski sudah ada penjelasan dari aparat desa.

"Warga tidak bisa menerima jika dimakamkan di sana, sehingga harus mencari tempat lain. Dan alhamdulilah ada bantuan dari Pemkab Sidoarjo mencarikan tempat di TPU Delta Praloyo," ujar salah satu anggota keluarga almarhum.

Kamis (26/3/2020) sekitar pukul 03.30 WIB akhirnya jenazah bisa dimakamkan. Bahkan Plt Bupati Sidoarjo Nur Achmad Syaifuddin turun tangan langsung membantu mengangkat peti dan memasukkan ke liang lahat.

"Saya melakukan ini untuk membuat masyarakat yakin, bahwa prosedurnya sudah sesuai, yaitu jenasah dibungkus plastik berlapis dan dimasukkan peti. Sehingga mereka tidak perlu cemas, apalagi menolak ketika akan dimakamkan," pungkas Cak Nur, panggilan akrab Plt Bupati Sidoarjo tersebut. (Hermawan)