Cegah Penyebaran Covid-19, Walikota Kendari Keluarkan Instruksi

• Monday, 30 Mar 2020 - 10:47 WIB

Kendari - Sehubungan dengan semakin masifnya penyebaran Corona Virus Disease 19 (COVID-19) dan semakin meningkatnya kasus di Indonesia dan Kota Kendari khususnya, maka dengan ini Walikota Kendari Mengeluarkan kebijakan tentang instruksi "Pengawasan Wilayah Perbatasan Kota Kendari", guna menanggulangi Penyebaran dan Upaya Pencegahan COVID-19 di Kota Kendari.

Instruksi ini disampaikan saat gelar Konferensi Pers dan telekonferensi lewat fb kendarikota.go.id di Pendopo Rujab Walikota Kendari yg di hadiri Walikota,  Dandim 1417 Kendari, Kapolres serta Ketua DPRD Kota Kendari, Senin (30/03/2020).

Adapun isi Instruksi Walikota kendari yang dikeluargan tanggal 30 Maret 2020 untuk dilaksanakan, sebagai berikut :
1. Meningkatkan pengawasan diwilayah perbatasan Kota Kendari, khususnya terkait lalu lintas orang baik yang akan masuk maupun keluar dari wilayah Kota Kendari.
2. Menghimbau kepada seluruh masyarakat baik yang akan menuju maupun meninggalkan Kota Kendari untuk dapat menunda rencana tersebut sampai wilayah Kota Kendari dinyatakan aman dari potensi penularan COVID-19.
3. Adapun masyarakat yang kerena alasan darurat dan mendesak serta tidak dapat menunda perjalanan agar bersedia melalui prosedur pemeriksaan fisik dan wajibmemberikan data yang lengkap dan benar sesuai dengan form yang telah disiapkan.
4. Untuk pelintas yang membawa pasien gawat darurat, mengangkut kebutuhan pokok masyarakat dan keperluan kedinasan yang dibuktikan dengan surat tugas dan keterangan lainnya akan melalui prosedur khusus dan mendapat prioritas.
5. Instruksi ini mulai berlaku pada tanggal 1 April 2020 pukul 09.00 WITA dan akan dievaluasi pelaksanaannya disesuaikan dengan situasi serta kondisi wilayah Kota Kendari.

Walikota Kendari H. Sulkarnain Kadir juga menghimbau kepada warga kota Kendari untuk tetap tinggal di rumah,  jaga kesehatan, tingkatkan daya tahan tubuh kita,  berprilaku hidup bersih, sering-seringlah cuci tangan cukup dengan sabun tidak perlu dengan disinfektan,  Insyallah bisa terjaga dan terhindar dari Virus Corona,  terus berdoa mengharapkan pertolongan dari Allah SWT Tuhan yang maha kuasa,  semoga daerah kita dan kita semua mendapat perlindungan dari Allah SWT.

(Hengky)