Warga Sidoarjo Tolak Keberadaan Tempat Isolasi Covid -19

• Tuesday, 31 Mar 2020 - 15:01 WIB

Sidoarjo - Puluhan warga Desa Sidodadi, Kecamatan Candi, Sidoarjo menolak rencana Dinas Kesehatan Pemkab Sidoarjo menjadikan salah satu puskesmas sebagai tempat isolasi dan perawatan pasien Covid-19. Penolakan itu dibuktikan dengan aksi pemasangan sejumlah spanduk penolakan di pintu masuk puskesmas yang ada di Jl. Raya Sidodadi Candi.

Sejumlah spanduk penolakan itu, diantaranya "Jangan Bunuh Kami Dengan Wabah Corona", "Isolasi Pasien Covid-19 Jangan di Desa Kami (Sidodadi)", "Warga Sidodadi Menolak Puskesmas Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Covid-19", "Ojo Digawe Panggon Isolasi Corona", "Warga Sidodadi Emo Dadi Sarang Corona", dan "Ojok Isolasi Nak Kene".

"Warga jelas menolak rencana menjadikan puskesmas jadi tempat rujukan pasien Covid-19 itu. Karena puskesmas lokasinya di dekat perumahan warga padat penduduk," ungkap Udin seorang warga yang memasang spanduk penolakan, Selasa (31/03/2020).

Sementara Kades Sidodadi, Karnoto menegaskan penolakan warga itu adalah aksi spontan. Pihaknya tidak bisa melarang karena warga juga khawatir jika puskesmas dijadikan ruang perawatan dan isolasi.

"Semua (penolakan) itu aspirasi warga. Kami tak bisa intervensi (menghalangi)," tandasnya. (Hermawan)