PMI dan Relawan Siaga Ajak Masyarakat Tetap Donor Darah

• Tuesday, 31 Mar 2020 - 15:40 WIB

Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Relawan Siaga Sandiaga Uno mengajak masyarakat terus mendonorkan darah untuk tetap menjaga kebutuhan darah tercukupi, bagi yang memerlukan. Hal ini disampaikan Sekretaris Jendral PMI  Sudirman Said dalam acara Donor Darah bersama Relawan Siaga Sandiaga Uno di Markas PMI Provinsi DKI Jakarta, Selasa (31/03). 

Sudirman Said mengatakan, idealnya stok darah secara nasional adalah 2 % dari total keseluruhan penduduk Indonesia. Tapi saat ini stok darah di Unit Donor Darah PMI belum mencukupi. 

"Kami sangat mengerti dengan kondisi saat ini, masyarakat mematuhi aturan yang dihimbau oleh pemerintah untuk tetap berada di rumah, terkait dengan wabah Covid-19, tapi secara fakta kebutuhan darah memang sedang turun. Saat ini seperti di PMI DKI Jakarta, per hari mencapai 1000 kantong, saat ini hanya sekitar 30 persen yang tersedia, atau separuhnya, " jelas Sudirman. 

Sementara itu, Sandiaga Uno dan Relawan Siaga mengajak masyarakat yang sehat untuk mendonorkan darahnya, karena banyak penderita thalasemia atau yang terkena DBD membutuhkan transfusi darah. 

"PMI telah menyiapkan protokol penanganan Covid-19 terkait dengan donor darah, jadi kami mengajak masyarakat untuk mendatangi unit donor darah PMI terdekat, karena saat ini penderita thalasemia atau DBD sangat membutuhkan darah dari para Relawan kemanusiaan," tambah Sandiaga. (Mus)