Dampak Covid-19, PLN UID Jatim Bebaskan Biaya Listrik Bagi Jutaan Pelanggan Bersubsidi

• Wednesday, 1 Apr 2020 - 10:57 WIB

Surabaya - Presiden Joko Widodo mengumumkan pembebasan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan memberikan diskon 50 persen bagi 7 juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi. Hal ini dilakukan sebagai upaya memperingan beban masyarakat yang berat, imbas dari pandemi covid -19.

Fenny Nurhayati Manajer Komunikasi Unit Induk Distribusi Jawa Timur menyampaikan, untuk wilayah Jatim, jumlah pelanggan PLN bersubsidi mencapai 5.983.989 pelanggan.

"Mereka adalah pelanggan dengan daya 450 VA sebanyak 4.856.361 pelanggan dan dengan daya 900 VA yang subsidi sebanyak 1.127.628 pelanggan," jelas Fenny Nurhayati.

Sementara itu ada pelanggan dengan daya 900 VA yang tidak mendapatkan subsidi sebanyak 3.464.987.

Dari kebijakan yang disampaikan pemerintah itu, pelanggan dengan daya 450 VA, akan mendapatkan pembebasan bayar listrik di bulan April, Mei, dan Juni. Sementara pelanggan dengan daya 900 VA yang subsidi, akan mendapatkan potongan 50 persen untuk pembayaran listrik di bulan yang sama.

Untuk pelaksanaannya, Fenny mengaku PLN UID Jatim belum mendapatkan informasi dari pusat. "Seperti apa pelaksanaannya dan skemanya, kami masih menunggu petunjuk dari pusat," jelas Fenny.

Terkait dengan mereka yang menggunakan sistem token, Fenny menyatakan tetap mendapatkan subsidi. Namun teknis pelaksanaan masih menunggu kebijakan dari pusat.

"Mereka tetap mendapatkan subsidi, asalkan daya 450 atau 900 bersubsidi . Hanya saja mekanismenya seperti apa nanti, menunggu kabar selanjutnya dari pusat," ujar Fenny.

Saat ini jumlah total pelanggan PLN di Jatim per Maret mencapai 12.091.486 pelanggan. PLN UID Jatim berharap kebijakan ini bisa meringankan beban masyarakat. Sementara bagi masyarakat yang belum jelas tentang pembebasan biaya listrik ini, masyarakat bisa meminta penjelasan ke kantor PLN terdekat.

"Bagi yang masih bimbang atau belum yakin, bisa datang ke Kantor PLN terdekat " pungkas Pejabat PLN Jatim yang murah senyum ini. (Hermawan)