Meski Pandemi Covid-19, Pemilihan Wagub DKI Jakarta Tetap Digelar Hari Ini

• Monday, 6 Apr 2020 - 09:22 WIB

Jakarta - Penentuan siapa pengisi posisi wakil gubernur (wagub) Jakarta yang kosong sejak ditinggal Sandiaga Uno akan ditentukan hari ini, Senin (6/3/2020). Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis akan berebut suara.

Berdasarkan surat undangan DPRD DKI yang beredar, pemilihan akan berlangsung mulai pukul 09.30 WIB. Pada pukul 10.00 WIB rapat akan resmi dibuka dengan tiga agenda utama.

Ketua Panitia Pemilihan Calon Wakil Gubernur DKI Farazandi Fidinansyah mengatakan rapat paripurna akan digelar tertutup. Hasilnya akan disebar ke jurnalis dan diunggah di situs resmi DRPD.

"Rapat berlangsung tertutup. Sifatnya sama (rapat) visi-misi kita, tertutup, steril. Nanti hasil tapping semua diunggah di kanal DPRD, kita sebar ke jurnalis," kata Ketua Panitia Pemilihan Calon Wakil Gubernur DKI Farazandi Fidinansyah, Minggu (5/4/2020).

Farazandi mengatakan rapat akan diawali dengan penandatanganan pakta integritas kedua calon. Lalu dilanjutkan dengan pemilihan cawagub Jakarta dan diakhiri dengan penetapan cawagub terpilih.

Dia menjelaskan rapat paripurna tak jadi ditayangkan secara langsung kepada publik. Hal itu dilakukan sebagai pelaksanaan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran corona.

Farazandi mengakui aturan tersebut tidak ada di dalam tata tertib (tatib) pemilihan, namun berdasarjkan arahan pimpinan DPRD. Mengenai mekanisme pemilihan, digelar dalam beberapa tahap.

Ruangan hanya akan diisi 54 anggota DPRD Jakarta untuk memilih dan diikuti oleh tahap atau gelombang selanjutnya. Kendati demikian, syarat kuorum tidak berubah yaitu 50 persen plus satu.

Artinya 54 dari 106 anggota DPRD akan memilih satu di antara dua nama cawagub yakni Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra atau Nurmansjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Mereka yang terpilih akan menjadi pendamping Gubernur Anies Baswedan untuk melaksanakan tugas-tugasnya. (Faz)