Forum CSR DKI Jakarta bersama Pemprov DKI Jakarta Libatkan Dunia Usaha

• Wednesday, 8 Apr 2020 - 05:30 WIB

Jakarta – Forum CSR DKI Jakarta mendukung upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mencegah penyebaran COVID-19 di Ibu Kota dengan melibatkan mitra dari dunia usaha. Melalui Forum CSR DKI Jakarta, salah satu mitra yang terlibat yakni Danone Indonesia menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker sebanyak 5.000 pcs, 60.000 botol air mineral untuk tenaga medis, pasien, serta orang-orang terdampak pandemik COVID-19 dan 10 sarana sterilisasi di Balai Kota, pada Jumat (3/4/2020).

Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati, yang menerima bantuan tersebut di Pendopo Balai Kota mengatakan, kerja sama dibutuhkan lantaran tidak semua permasalahan di Jakarta bisa diselesaikan oleh Pemerintah Daerah, melainkan melibatkan komponen masyarakat. Seperti arahan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, kolaborasi menjadi kata kunci, apalagi Jakarta kini mengedepankan konsep City 4.0.

“Jadi, ini adalah bentuk kolaborasi yang baik antara dunia usaha dan bisnis sebagai stakeholder dengan Pemprov DKI Jakarta. Kami memberikan apresiasi yang besar terhadap perhatian dari Danone Indonesia terkait berbagai upaya pengendalian pandemik COVID-19 yang dilakukan oleh Pemprov DKI. Tentunya, bantuan ini juga sangat bermanfaat untuk tenaga kesehatan di Jakarta," ujar Sri.

Pemprov DKI Jakarta membuka kesempatan bekerja sama untuk menangani pandemi COVID-19. Bagi komponen masyarakat yang ingin berkolaborasi dan memberi dukungan dapat langsung bekerja sama dengan Forum CSR DKI Jakarta sebagai salah satu mitra strategis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Forum CSR DKI Jakarta, Dr. Mahir Bayasut menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan bagian dari komitmen dunia usaha untuk mendukung upaya mengatasi pandemik COVID-19 melalui kerja sama dengan berbagai pihak di seluruh Indonesia.

"Forum CSR DKI Jakarta melakukan berbagai aksi secara cepat dan tanggap untuk dapat memberikan bantuan yang esensial bagi tenaga medis, pasien, serta mereka yang rentan terkena dampak pada kondisi pandemik COVID-19 saat ini. Kami juga berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam mengendalikan penyebaran pandemik ini dengan apapun yang dapat kami lakukan,” tutup Mahir.

*-*

Tentang Forum CSR DKI Jakarta

Forum CSR DKI Jakarta, merupakan organisasi profesi yang juga menjadi mitra strategis dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta dunia usaha yang dibentuk sebagai sebuah forum dalam rangka meningkatkan kepedulian, kemampuan, dan tanggung jawab dunia usaha dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial secara melembaga, berkelanjutan, efektif, dan masif.

Forum CSR DKI Jakarta menjalankan amanah undang-undang antara lain : Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas, Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 112 tahun 2013 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Dunia Usaha, Permensos No. 6 tahun 2016 tentang Tanggung Jawab Sosial Badan Usaha dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Peraturan Pemerintah Nomor 59 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan serta POJK 51 tahun 2017 tentang penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi LJK, Emiten dan Perusahaan Publik.

Visi Forum CSR DKI Jakarta adalah mewujudkan sinergitas peran dan tanggung jawab sosial organisasi (dunia usaha, lembaga kesejahteraan sosial, perguruan tinggi, masyarakat, pemerintah dan pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat) dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang berkeadilan sebagai upaya percepatan pencapaian tujuan pembangunan daerah dan tujuan pembangunan berkelanjutan.

(*)