Instruksi Walikota Kendari : Mulai Besok Total Tiga Hari Aktivitas di Rumah

• Thursday, 9 Apr 2020 - 09:33 WIB

Kendari - Dalam rangka menghambat dan memutus mata rantai penyebaran wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang meningkat pesat, dan mengingat Kota Kendari telah ditetapkan sebagai wilayah transmisi lokal penyebaran Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan, maka Pemkot Kendari mengeluarkan Instruksi Walikota tentang melakukan total aktivitas di dalam rumah selama tiga hari (10 -12 April 2020).

Adapun isi instruksi Wali Kota Kendari kepada seluruh Masyarakat Kota Kendari untuk:

1. Tidak melakukan aktifitas di luar rumah selama 3 (Tiga) hari mulai tanggal 10 s/d 12 April 2020.

2. Kepada masyarakat Kota Kendari yang masih melakukan aktifitas di luar rumah akan dilakukan pengamanan oleh pihak TNI dan Kepolisian.

3. Selalu memperhatikan Physical dan Sosial Distancing selama berada di dalam rumah serta budayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan mencuci tangan dengan sabun serta memperhatikan etika ketika batuk dan bersin.

Walikota Kendari H. Sulkarnain Kadir mengatakan terkait instruksi tersebut, pemerintah  Kota  Kendari akan meningkatkan pengawasan sekaligus juga menghimbau kepada masyarakat yang belum peduli atau masih abai. “Saya berharap di tanggal 10, 11 dan 12 April itu kita maksimalkan coba di 3 hari. Karena sebenarnya kunci dari penyebaran virus Covid-19 ini adalah interaksi antar manusia,” katanya.

"Kalau ini bisa kita kurangi bahkan kita hilangkan untuk beberapa saat, saya kira benar-benar virusnya akan berhenti menular dan tidak akan menjangkiti satu dengan yang lain diantara kita,  artinya kalau 3 hari itu kita benar bisa melakukannya secara maksimal dan tidak ada kontak diantara kita tentu virusnya akan mati dengan sendirinya dan kita berharap tidak ada virus baru," harap Walikota. (Hengky)