Banyak Anggotanya Terinfeksi Covid-19 Saat bertugas, PPNI Minta Perawat Disiplin Gunakan APD

• Saturday, 11 Apr 2020 - 13:34 WIB
Ilustrasi perawat

Jakarta - Sehubungan dengan semakin banyaknya perawat yang terinfeksi covid-19 dan gugur dalam menjalankan  tugas kemanusiaannya, Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) melalui ketua umumnya, Harif Fadhillah, menyerukan seluruh perawat untuk tetap bekerja secara profesional, sesuai standar profesi, kode etik keperawatan dan sumpah profesi.

Perawat diminta selalu menjaga kebersihan, kesehatan dan stamina  dalam menjalankan tugas/praktik,  termasuk menghindari stres atau tekanan psikologis

Meminimalkan kontak langsung dengan pasien, kecuali untuk melaksanakan tindakan yang sangat diperlukan dalam perawatan atau kondisi gawat darurat. Prioritaskan penggunaan teknologi jika tersedia.

Setiap melayani pasien/klien selalu menggunakan APD sesuai dengan SOP atau pedoman pemakaian APD dalam penanganan COVID-19.

Sedangkan bagi perawat dan relawan perawat yang khusus menangani pasien COVID-19, dihimbau untuk:

a. Pastikan kondisi badan sehat dalam melayani pasien/klien.
b. Selalu update informasi dan pengetahuan tentang penanganan pasien covid dan pencegahan 
penularan covid-19, membaca SOP di unit kerja sebelum melakukan pelayanan.
c. Disiplin dalam menggunakan APD sesuai Pedoman pemakaian APD dalam dalam penanganan covid-19.
d. Selalu berpikir positif dalam setiap kondisi.

"Perawat adalah benteng terakhir dalam penanganan wabah covid-19, kelangsungan bangsa ini sangat tergantung juga dengan perawat maka kuatkan pertahanan kita dalam bersatu melawan COVID-19," pinta Harif. (Jak)