MNC Trijaya Surabaya Bersama Jurnalis Life Style dan Sanosil Indonesia Gelar Aksi Sosial Bagi Handsanitezer

Mus • Monday, 13 Apr 2020 - 10:35 WIB

Surabaya - Aksi berbagi pada para pekerja jalanan makin marak dilakukan kelompok masyarakat di Surabaya. Kali ini para jurnalis yang biasa meliput agenda lifestyle berinisiatif melakukan hal yang sama. 

Untuk memudahkan gerakan sosial tersebut, MNC Trijaya Surabaya dan jurnalis lifestyle menggandeng Sanosil Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang alat kesehatan. Langkah awal yang dilakukan dengan menyasar para pengemudi ojek online dan pengemudi taksi yang biasa mangkal di area Plaza Marina. Selain itu, juga para pedagang di kawasan tersebut. 

“Saya bersyukur akhirnya bisa dapat hand sanitizer, karena selama ini susah sekali memperolehnya,” ujar Satrio penambal ban di dekat Plaza Marina. 

Komentar serupa dilontarkan Agung. “Kalau pun ada harganya sangat mahal. Nggak terjangkau lah buat saya yang penghasilan sehari-hari terus merosot karena masyarakat lebih banyak tinggal di rumah sesuai himbauan pemerintah,” kata pengemudi taksi ini. 
 
Agung mengaku nekad tetap bekerja demi menghidupi keluarganya. 

“Gimana lagi. Kalau nggak gini ya anak-anak saya makan dari mana,” ucapnya. 

Dalam setiap aksinya, selain hand sanitizer MNC Trijaya Surabaya dan jurnalis lifestyle juga membagikan 100 paket nasi bungkus  yang semuanya disediakan oleh Sanosil Indonesia. 

“Kami jadwalkan turun ke jalan setiap hari Jumat, dan titik target kami akan berpindah-pindah,” tandas Lukman, Koordinator Jurnalis Lifestyle Berbagi.

Lilik Yuliati Station Manager MNC Trijaya Surabaya menyampaikan bahwa apa yang dilakukan bersama Jurnalis Life Style Surabaya dan Sanosil adalah sebagai bentuk kepedulian bersama, disaat Pandemi Covid -19. 

"Ini sebagai rasa empati kita terhadap pekerja jalanan. Mereka adalah orang dengan risiko tinggi, bekerja dalam situasi seperti ini. Karenanya kita ingin berbagi dengan memberikan sesuatu yang mereka butuhkan untuk menjaga kesehatan yaitu masker dan handzanitezer," ujar Mbak Yuli panggilan akrab Station Manager MNC Trijaya Surabaya.

Sementara Gilang Pratama, Product Manager Wahana Gumilang Group, perusahaan perwakilan Sanosil Indonesia menyatakan pihaknya sengaja menggandeng banyak komunitas dan lembaga sosial, termasuk media untuk mengedukasi masyarakat dalam meningkatkan pola hidup sehat dengan memakai hand sanitizer yang berkualitas. 

Melalui aksi Jurnalis Lifestyle Berbagi ini, Gilang berharap tercipta ekosistem yang saling membangun dalam upaya memberi semangat dan kekuatan pada masyarakat untuk menghadapi wabah yang sedang melanda. 

“Kita kan hidup tidak sendiri. Ada kelompok masyarakat lain yang perlu kita bantu. Kami terus mencari dan mengembangkan jangkauan sehingga makin banyak yang bisa merasakan manfaat dari kegiatan ini,” imbuhnya. 

Gilang menyatakan pula bahwa target kegiatan ini adalah masyarakat yang bergantung pada upah harian. Tetapi di sisi lain, juga harus melindungi diri dari kemungkinan penularan virus. (Hermawan)