Formula 1 GP France Akhirnya Ditunda Karena Virus Corona

ITK • Tuesday, 14 Apr 2020 - 13:37 WIB
Formula1.com

MARSEILLE – Formula 1 Grand Prix Prancis 2020 akhirnya ditunda akibat pandemi virus corona. Ini merupakan balapan ke-10 dari total 22 yang harus ditangguhkan atau dibatalkan.

Sebelumnya sudah ada delapan agenda yang ditunda yaitu GP Australia, Bahrain, Vietnam, China, Belanda, Spanyol, Azerbaijan dan Kanada. Sementara Monaco sudah dipastikan batal jadi tuan rumah karena acara di sana cukup padat dan penjadwalan ulang tak mungkin dilakukan.

Dikutip BBC, GP Prancis seharusnya akan berlangsung di Sirkuit Paul Ricard, di kawasan Marseille, pada 28 Juni mendatang. Tapi agenda itu mesti ditangguhkan lantaran Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi Senin lalu bahwa pembatasan acara di ruang publik akan diperpanjang sampai pertengahan Juli.

Lebih jelasnya, Macron menyebutkan lockdown Prancis diperpanjang hingga 11 Mei. Setelah itu, sekolah dasar dan menengah akan dibuka kembali. Sementara bar, restoran, dan bioskop akan tetap tutup. Begitu pula acara di ruang publik yang melibatkan banyak orang. GP Prancis tahun lalu saja menyedot perhatian 135.000 penonton. Itu artinya, balapan akan mustahil berlangsung saat ini.

Dengan ditundanya GP Prancis, balapan perdana F1 musim ini diprediksi baru akan bergulir di Austria atau Inggris tepatnya pada 5 Juli dan 19 Juli. Tapi semua itu masih tergantung perkembangan penyebaran virus corona di kawasan Eropa dan sekitarnya. (*ITK)


(Sumber iNews)