Satgas Lawan Covid-19 DPR Serahkan Bantuan ke Dua Rumah Sakit

Mus • Tuesday, 14 Apr 2020 - 18:12 WIB

Jakarta - Satgas Lawan Covid-19 DPR RI hari ini melakukan 2 kegiatan, dengan mengunjungi Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran dan mengunjungi Rumah Sakit Amanda Cikarang, Jawa Barat.

Kedatangan Satgas Lawan Covid-19 DPR RI dipimpin langsung oleh Koordinator Satgas, Sufmi Dasco Ahmad, didampingi Azis Samsuddin (Anggota Dewan Pengawas), Ahmad Sahroni (Wakil Koordinator) dan beberapa anggota Satgas seperti Arteria Dahlan, Melkiades Lakalena, Habiburokhman, Wihadi Wiyanto, Sari Yuliati, Fauzi Amro, dan M. Nabil Haroen. Rombongan disambut langsung oleh Menteri BUMN, Pangdam Jaya, dan Kepala RSD Covid-19. 

Kedatangan Satgas bertujuan untuk melihat keadaan di lapangan secara langsung dan kondisi obyektif pelayanan kesehatan di RSD tersebut. Pada kesempatan yang sama Satgas memberikan bantuan alat medis berupa APD (Alat Pelindung Diri), 3000 masker medis, 1000 alat rapid test, dan Buku Panduan Otoritas Pemerintah Tiongkok terkait Protap Penanganan Corona. Satgas juga menyerahkan obat-obatan medis dan herbal terkait indikasi pasien yang memiliki gejala batuk, sesak napas, diare dan mual, serta obat herbal yang direbus dengan kegunaan melawan virus dan memperkuat antibodi.

Satgas memberikan apresiasi yang luar biasa terkait kerja hebat, kerja keras para dokter dan petugas medis yang saat ini melayani 581 pasien rawat inap di RSD Wisma Atlet yang kemungkinan besar dapat terus bertambah. 

Satgas juga sangat memperhatikan kesehatan dokter dan petugas medis yang bertugas dan memastikan terpenuhinya asupan nutrisi makanan, APD, alat kebutuhan medis lainnya termasuk fasilitas penginapan agar tersedia sesuai protokol kesehatan yang disyaratkan serta hal-hal lain yang dibutuhkan oleh RSD maupun para dokter serta petugas medis.

Satgas akan berupaya penuh untuk membantu serta memfasilitasi RSD dalam mengusahakan ketersediaan obat dan alat-alat kelengkapan medis yang semakin menipis jumlahnya, seperti masker, sarung tangan, hand sanitizer kacamata safety, dll agar dapat tetap tersedia dalam keadaan darurat sekalipun. 

Satgas juga akan senantiasa bekerja sama dengan Pemerintah cq. Kementrian PUPR, terkait kebutuhan oksigen sentral pada setiap ruangan ICU di tower 7 dan mempercepat selesainya tower 6 agar dapat difungsikan sebagaimana layaknya fasilitas dengan standar rumah sakit, serta mempercepat persiapan tower 4 dan 5 sebagai supporting tower 6 (Rumah Sakit). Pada akhirnya diharapkan semua tower dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai upaya antisipasi dan mitigasi tatkala terjadi ledakan pasien pasca arus mudik. Termasuk dalam melakukan penyesuaian daya listrik karena akan banyak masuk peralatan medis yang membutuhkan daya listrik tinggi, melakukan perbaikan lift, perbaikan alur masuk pasien dan alur keluar masuk ambulance agar pelayanan dapat lebih efektif. 

Selain itu, Satgas juga akan bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 agar setiap sampel darah, dapat diekstraksi dengan menggunakan alat tes swab/PCR yang hasilnya dapat diketahui dalam waktu cepat (6 jam), agar dapat dilakukan penanganan secara cepat.

Satgas memberikan apresiasi pada Menteri BUMN atas bantuan makanan, peralatan, kebutuhan sarana prasarana dan persiapan rumah sakit rujukan pasien Covid-19, pengadaan obat-obatan, pemberian akomodasi dalam bentu fasilitas penginapan, makanan serta pemberian asuransi tambahan bagi Dokter dan Petugas Medis yang bertugas. Sebagai contoh RS Pertamina Jaya telah dipersiapkan untuk dapat menampung 160 unit pasien ICU serta mampu melakukan 1.400 tes swab per hari, begitu juga dengan RS-RS BUMN lainnya.

Setelah selesai melakukan kunjugan ke RSD Covid-19, Satgas meneruskan kunjungan untuk memberikan bantuan ke RS Amanda Cikarang berupa: baju APD 150 pcs, masker medis 500 pcs                                      dan 100 pcs alat rapid test. Penyerahan dilakukan langsung oleh Satgas Daerah Lawan Covid-19 Provinsi Jawa Barat.

Sebagai penutup, Satgas mengucapkan apresiasi kepada para pertugas keamanan, TNI dan Polri khususnya kepada Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya beserta jajarannya yang dengan sabar dan penuh ketulusan membantu pelaksanaan pelayanan kedaruratan kesehatan di RSD Covid -19 ini. (Jak)