Kemsos Bantu Kelengkapan Kesehatan Bagi Tenaga Kesehatan Tiga Rumah Sakit di Jakarta

ANP • Wednesday, 15 Apr 2020 - 10:38 WIB

JAKARTA -  Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas bantuan Kementerian Sosial. Bantuan Kemensos sangat membantu tugas-tugas tenaga kesehatan yang  berdiri di garda depan penanganan pandemi Covid -19.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas bantuan yang telah diberikan kepada RS Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet. Bantuan ini sangat bermakna di tengah-tengah kebutuhan tinggi para tenaga kesehatan terhadap alat kesehatan,” kata Koordinator Dokter Umum Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Letda Laut (K) SN Tommy Laksamana di Jakarta (14/04/2020).

Hari ini, Kementerian Sosial memberikan bantuan total berupa 12.000 masker, 600  _botol handsanitizer_  dan 75 dus biskuit MPASI kepada tiga rumah sakit. Yakni Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet,  RS Cipto Mangunkusumo, dan RS Sulianti Saroso. 

Letda Tommy menambahkan, bantuan dari Kementerian Sosial tidak hanya membantu dari sisi pemenuhan kelengkapan kesehatan bagi petugas. Namun juga memperkuat semangat moral mereka dalam menunaikan tugas di tengah pandemi yang penuh resiko. 

"Bantuan ini akan segera kami distribusikan. Karena kami memang sangat membutuhkan. Sebagai gambaran, untuk alat pelindung diri (APD) saja, kami kebutuhan bisa 200-250 sehari. Jadi ini sangat kami butuhkan. Terima kasih kepada Kemensos dan seluruh pihak yang ikut berkontribusi,” katanya. 

Ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan oleh perwakilan dari RSCM, dan RS Sulianti Saroso.

Penyaluran bantuan disampaikan secara simbolis oleh Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Sosial RI Grace P.  Batubara. Ia menyatakan, merupakan bukti negara hadir di tengah-tnegah yang membutuhkan bantuan.

“Bantuan ini juga implementasi slogan #KemensosHADIR,” kata Grace yang juga mewakili Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju.

Sesuai arahan Presiden, Kemensos kini tengah memberikan Bansos Sembako kepada warga terdampak pandemi Covid-19. Volume bantuan sebanyak 300.000 paket secara bertahap sampai 19 April. 

Hari ini, telah disalurkan sebanyak 4.722 paket sembako dan 9.611 porsi makanan siap saji. Sehingga total bantuan yang sudah didistribusikan sejak 7 April lalu, sebanyak 50.205 paket sembako dan 75.510 paket makanan siap saji. 

Selain bantuan sembako, kemarin Kemensos juga memberikan bantuan kelengkapan kesehatan berupa 4.637 paket yang  berupa masker, _handsanitizer_ dan vitamin C kepada pilar-pilar sosial yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia.

Kementerian Sosial memiliki tugas strategis dalam penanganan bencana, yakni baik pada pra-bencana, pada saat bencana, dan pasca-bencana. Tugas pra-bencana adalah membangun sistem kesiapsiagaan dan mitigasi bencana. Seperti meyiapkan _bufferstock_ (barang persediaan) yang ada di gudang pusat, regional dan provinsi di seluruh Indonesia (permakanan, sandang, serta kebutuhan keluarga dan anak).

Pada saat bencana adalah Kemensos mengaktivasi sistem yang sudah dipersiapkan untuk penanggulangan bencana alam secara terpadu, dan pasca bencana Melakukan kegiatan pemulihan dan penguatan korban bencana alam.

Kemudian pada fase pasca-bencana Kemensos melakukan kegiatan pemulihan dan penguatan korban bencana alam. Di antaranya dengan memberikan santunan bagi ahli waris, santunan korban luka berat, dan sebagainya. (ANP)